Mudik Lebaran Dilonggarkan, Sopir Taksi Bandara di Batam Panen Cuan

Mudik Lebaran Dilonggarkan, Sopir Taksi Bandara di Batam Panen Cuan

Taksi di Bandara Hang Nadim Batam panen cuan saat mudik lebaran 2022 (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sejak aturan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau tahun 2022 dilonggarkan oleh pemerintah, arus penumpang di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mengalami peningkatan drastis.

Peningkatan ini pun membawa keuntungan bagi penyedia jasa transportasi di kawasan bandara. Beberapa sopir taksi di sana seperti ketiban durian runtuh. Naiknya arus penumpang mudik lebaran dan arus balik membuat pendapatan mereka meningkat.

"Kalau dulu kan sepi, dapat sekali trip aja syukur. Tapi sekarang paling sedikit saya bisa tiga kali trip bawa penumpang dari Bandara, terutama dari bagian kedatangan," kata Indra, salah seorang sopir taksi saat ditemui di Bandara Hang Nadim, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Pemobil Terjebak Antrean di Pelabuhan ASDP Tanjunguban Berhari-hari

Dia bercerita, pada awal pandemi di pertengahan tahun 2020 lalu, ia terpaksa harus rebutan dengan sopir taksi lain untuk mendapatkan penumpang agar menggunakan jasanya.

Tak ayal sering pula dari situ terjadi perdebatan ringan. Maklum saja, saat itu ekonomi sangat terdampak.

"Kalau diingat-ingat dulu itu lumayan pahit lah hidup ini. Mau lebaran kita tak ada penumpang, uang pun tak ada jadinya. Dapat satu trip aja udah bersyukur kali. Sampai kadang kami rebutan antrean," kata dia.

Pelonggaran mudik di lebaran Idul Fitri kali ini terasa dampaknya ke Indra. Berkah dari itu buat rezekinya mengalir drastis sejak H-5 hari raya.

Baca juga: Wisawatan ke Pulau Penyengat Nyaris Celaka di Tengah Laut

Dalam sehari, Indra mengaku dapat mengantongi keuntungan bersih hingga lebih dari Rp 500 ribu dengan rute terjauh dari Bandara Internasional Hang Nadim menuju Pelabuhan Domestik Sekupang.

"Bahkan kemarin habis salat Id, saya langsung ke Bandara, antar penumpang. Alhamdulillah ada rezekinya, jangan disia-siakan," ujar dia.

Beberapa sopir taksi lain juga ketiban cuan lebih dari biasanya. Dari pantauan arus balik lebaran di Bandara Hang Nadim Batam, beberapa penumpang yang datang disambut para sopir taksi. Barang bawaan mereka dibawa bak raja hingga masuk ke mobil.

Di sana, juga terpantau arus balik berlangsung aman. Walau pun ada sedikit kepadatan penumpang.

(jun)