Jelang Lebaran, Dirut PLN Batam `Turun Gunung` Cek Pasokan Listrik

Jelang Lebaran, Dirut PLN Batam `Turun Gunung` Cek Pasokan Listrik

Dirut PLN Batam tinjau pasokan listrik jelang lebaran (Foto: Ist)

Batam, Batamnews - PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam memprediksi penurunan beban puncak selama periode Idul Fitri 1443 Hijriah. Kendati demikian, PLN Batam memastikan tetap menjamin keamanan pasokan selama periode libur Lebaran.

Untuk itu, Direktur Utama PT PLN Batam, Nyoman S. Astawa melakukan Apel Siaga Idul Fitri 1443 H dengan melakukan kunjungan langsung ke sejumlah unit pembangkit dan distribusi yang tersebar di Kota Batam, untuk memastikan kesiapan pasokan listrik Batam dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kamis (28/4/2022).

Selain mengecek kesiapan infrastruktur kelistrikan, Ia juga menyapa petugas lapangan di sejumlah unit PLN Batam yang tersebar. Nyoman berpesan agar seluruh insan PLN terus bersiaga menjaga keandalan pasokan listrik di momen Idul Fitri.

Baca juga: 4 NO’s For Integrity: Komitmen PLN Batam Tolak Memberi dan Menerima Gratifikasi

“Sebagai insan PLN Batam, kita harus melaksanakan tugas kita semaksimal mungkin dengan menjadikan PLN sebagai ladang ibadah kita. Terutama menjelang Idul Fitri, PLN Batam harus memastikan seluruh masyarakat menikmati listrik yang andal," ucap dia.

"Harapannya, masyarakat bisa beribadah dengan sempurna, khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Daya mampu pembangkit saat siaga Idul Fitri adalah 545,5 Mega Watt (MW), sementara libur Idul Fitri ini diprediksi beban puncak berkisar diangka 300 MW saja," sambungnya.

"Jadi cadangan listrik kita sampai 46 persen. Sebelumnya kita juga sangat khawatir. Kalaupun ternyata terjadi peningkatan beban, berkaca pada kondisi beban puncak tertinggi pada Maret lalu, yang 519.5 MW, cadangan listrik kita masih di atas 20 MW,” terangnya lagi.

Baca juga: Defisit Daya, PLN Natuna Lakukan Pemadaman Listrik Bergilir di Ranai

Nyoman menambahkan, meskipun sudah melakukan berbagai upaya agar suplai listrik tetap terjaga, tidak menutup kemungkinan faktor alam atau gangguan resedensial yang tidak bisa diprediksi dan dikendalikan akan menyebabkan terganggunya suplai listrik.

Untuk itu, Nyoman mengimbau masyarakat yang mengetahui terkait informasi gangguan padam dapat menghubungi secara langsung melalui Contact Center 123. Petugas siaga akan berusaha secepat dan semaksimal mungkin untuk menormalkan gangguan tersebut.

“Selamat bekerja dan tetap semangat kepada seluruh insan PLN Batam yang mendapat tugas untuk piket siaga. Selalu bekerja dengan penuh dedikasi dalam menjalankan tugas menjaga keandalan pasokan listrik selama masa siaga Idul Fitri," sebutnya.

"Semoga Yang Maha Kuasa memberi berkah kepada kita semua sehingga pasokan listrik tetap aman dan lancar dan semoga kita diberikan umur yang panjang agar dapat berjumpa dengan Ramadhan selanjutnya,” pungkas Nyoman.

(ruz)