Arus Mudik di Pelabuhan Karimun Didominasi Pemudik Tujuan Riau

Arus Mudik di Pelabuhan Karimun Didominasi Pemudik Tujuan Riau

Pemudik tampak memadati Pelabuhan Tanjungbalai Karimun (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Pengelola Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), mencatat pemudik tujuan Riau mendominasi keberangkatan.

Seperti yang tampak pada Jumat (29/4/2022), ratusan orang calon penumpang bersiap untuk menunggu keberangkatan kapal dengan tujuan masing-masing.

"Keberangkatan penumpang didominasi dengan tujuan Riau. Untuk tujuan Batam, sepertinya masih normal," kata Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Laut di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, Anthoni.

Baca juga: Polairud Baharkam Polri Sambangi Pulau Karimun Anak

Dari data yang tercatat, pada Kamis (28/4/2022), ada sekitar 4.000 lebih penumpang berangkat dari Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Kondisi itu masih dalam kontrol KSOP, serta juga dengan persiapan cadangan yang telah dilakukan.

"Kami masih terlayani, karena kami juga ada standby kapal jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan," ucapnya.

Kemudian, pihak KSOP bersama instansi lainnya mengatur ketertiban penumpang yang akan berangkat atau yang turun. Diketahui juga bahwa sekarang, untuk pelaku perjalanan atau penumpang, juga bisa hanya dengan vaksin dosis 2.

Sesuai dengan SE Gubernur Kepri Ansar Ahmad pada 26 April 2022 kemarin. "Vaksin ke 2 sudah bisa melakukan perjalanan, tanpa tes antigen atau PCR lagi," pungkasnya.

(aha)