Catat, Ini 5 Langkah Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Catat, Ini 5 Langkah Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Mudik saat Lebaran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Mereka yang mencari rezeki di kota, ramai-ramai pulang kampung berkumpul bersama sanak keluarga jika Lebaran tiba.

Jika kamu dan seluruh keluarga termasuk yang berencana mudik Lebaran, sebaiknya jangan meninggalkan rumah kosong begitu saja. Rumah yang tak dihuni selama mudik bisa jadi sasaran empuk maling hingga perampok.

Agar rumah tetap aman selama ditinggal mudik Lebaran, ada lima hal yang penting dilakukan baik sebelum maupun saat bepergian:

Baca juga: Penumpang Pelabuhan Internasional Batam Normal Jelang Puncak Arus Mudik

1. Jangan Simpan Barang Berharga di Rumah

Selama mudik Lebaran, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank.

2. Kunci Rapat Pintu dan Jendela

Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Sebaiknya tidak meninggalkan kunci rumah cadangan di bawah pot, keset atau tempat-tempat tersembunyi lainnya karena sangat berisiko dapat diketahui pelaku kejahatan.

3. Matikan Lampu

Banyak orang menyarankan untuk menyalakan lampu ketika meninggalkan rumah kosong dalam waktu lama. Tujuannya, agar terkesan seperti ada orang di dalam rumah.

Tapi cara ini hanya akan membuat tagihan listrik membengkak dan tentunya tidak mendukung gerakan ramah lingkungan. Hitung saja berapa energi yang terbuang sia-sia selama lampu tersebut dinyalakan dalam waktu lama.

Ditambah lagi, lampu yang menyala tidak akan menjamin rumah kamu terlihat ada orang di dalamnya. Rumah yang terang benderang di malam hari, justru akan dicurigai perampok dan maling.

Akan lebih baik jika kamu memasang pengatur waktu yang bisa mematikan dan menyalakan lampu secara otomatis. Beberapa toko perkakas dan perangkat rumah modern sudah menyediakan timer seperti ini. Tak ada salahnya mengeluarkan biaya lebih demi keamanan rumah saat mudik Lebaran.

 

4. Cabut Steker Listrik

Matikan dan cabut steker listrik televisi, komputer, oven atau perangkat elektronik lain untuk menghindari kenaikan daya listrik yang bisa menyebabkan korsleting.

Mencabut steker listrik juga salah satu langkah untuk hemat energi. Banyak perangkat elektronik yang tetap menyedot daya listrik meskipun sudah dimatikan, karena stekernya tidak dicabut.

Baca juga: Sebelum Mudik, Jangan Lupa Tutup Keran Air!

5. Buka Sedikit Tirai Jendela

Sebelum mudik Lebaran, biasanya kamu akan menutup tirai jendela untuk mencegah orang mengintip dari luar dan berbuat jahat. Tapi tak hanya orang jahat, tirai yang tertutup juga menghalangi orang-orang yang berniat membantu seperti tetangga, satpam, teman, polisi untuk memeriksa keadaan dalam rumah.

Seperti dikutip dari The Independent, tirai yang tertutup selama lebih dari tiga hari juga mengindikasikan rumah tersebut kosong sehingga bisa mengundang kriminal untuk masuk. Sebaiknya biarkan tirai jendela sedikit terbuka seperti kamu sedang di rumah.

Tapi sebelumnya pindahkan dulu barang-barang berharga atau elektronik dari tempat yang mudah terlihat dari jendela luar. Simpan di kamar atau ruangan lain yang sulit terjangkau pandangan mata dari luar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews