Bandara Hang Nadim Batam Mulai Padat, Pemudik: Kangen Makan Opor di Rumah

Bandara Hang Nadim Batam Mulai Padat, Pemudik: Kangen Makan Opor di Rumah

Kepadatan penumpang di Bandara Hang Nadim Batam pada H-7 Lebaran 2022. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Arus mudik melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau mulai meningkat pada H-7 Lebaran 1443 Hijriah, tepatnya Senin (25/4/2022).

Kesempatan pulang ke kampung halaman nampaknya tak disia-siakan oleh para perantau di Batam untuk merayakan lebaran di kampung halaman.

Para pengguna transportasi udara itu berdatangan silih berganti. Animo masyarakat mudik tahun ini memang membeludak tak seperti tahun-tahun belakangan di era pandemi.

Alasannya sederhana, kebijakan pemerintah yang tak lagi membatasi mudik. Boleh dan dengan bersyarat: wajib booster.

Baca: H-10 Lebaran, Tiket Kapal Roro dari Batam Tujuan Sumatera Sudah Habis

Di tahun sebelumnya, pemerintah sempat membatasi keberangkatan mudik lebaran. Hal itu dikarenakan persoalan virus Corona yang makin hari grafiknya terus naik.

Namun, setahun belakangan ini, wabah itu nampaknya sudah mulai teratasi. Tak banyak kenaikan jumlah orang terinfeksi Covid-19. 

Beberapa penumpang menyambut baik soal aturan pemerintah kali ini yang tak lagi membatasi setiap orang untuk mudik. 

"Kangen kampung, Mas. Udah 2 tahun nggak pulang," kata Jecky, salah seorang pemudik via jalur udara yang ditemui di Bandara Hang Nadim, Senin siang.

Ia menyebut, mudik kali ini bukan hanya soal rindu dengan rumah di tanah kelahiran. Tapi lebih kepada momen kumpul keluarga besar di hari yang fitrah.

"Kalau pulang kampung itu saya kira biasa saya, yang buat istimewa itu pulang pas lebaran. Ini momennya pas, Mas. Makan opor di rumah buatan orang tua pas pulang dari salat Id, itu yang buat tambah kangen," kata dia.

Dari situ, dapat dilihat bahwa perantau di Batam terkesan 'haus' akan mudik. Pulang kampung adalah jalan terbaik saat ini. Rumah tetaplah rumah. 

Baca: Bandara Hang Nadim Tambah Extra Flight Jelang Lebaran, Ini Rutenya

Otoritas Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau menambah frekuensi penerbangan atau extra flight menyikapi arus mudik lebaran tahun ini.

Extra flight ini akan diberlakukan mulai hari ini tanggal 25 April sampai 1 Mei 2022 mendatang. 

General Manager Bandara Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono mengatakan, penambahan slot penerbangan itu sebagai upaya mengantisipasi pemudik yang diperkirakan akan meningkat drastis jelang lebaran Idulfitri tahun ini.

Kemudian di sisi lain, ia juga memastikan bahwa arus mudik di bandara akan meningkat drastis. Berkaca pada tahun sebelumnya yang belum ada pengetatan atau pembatasan keberangkatan, dimana peningkatan penumpang mencapai 13 ribu orang.

"Otomatis meningkat (penumpang), mengingat tidak ada pembatasan mudik tahun ini. Jadi kami mengantisipasi lonjakan itu dengan extra flight," kata Bambang.

(jun)