Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat di Bintan Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran

Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat di Bintan Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran

Plt Bupati Bintan memimpin apel gelar pasukan Ops Ketupat Seligi 2022 (Foto:Ist)

Bintan, Batamnews - Kepolisian Resor (Polres) Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Seligi 2022 di Halaman Mapolres Bintan, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan dipimpin Plt Bupati Bintan Robby Kurniawan didampingi Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono dan Perwakilan FKPD Kabupaten Bintan serta diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Senkom dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Plt Bupati Bintan membacakan amanat tertulis Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Adapun tema Operasi Ketupat tahun 2022 ini yaitu `Dalam Rangka Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H`.

"Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga," katanya.

Baca juga: Modus Penyelundupan PMI Ilegal Bintan-Malaysia, Kamuflase Jadi Nelayan

Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi "Ketupat-2022" yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April - 9 Mei 2022.

"Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun, dan bandara," jelasnya.

Akhir pelaksanaan apel gelar pasukan Ketupat Seligi 2022, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono menyampaikan bahwa apel gelar pasukan Ketupat Seligi 2022 dilakukan lebih cepat untuk mengantisipasi awalnya lonjakan kegiatan mudik.

"Dalam kegiatan ini Polres Bintan melaksanakan kegiatan terlebih dahulu yaitu Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), dengan jumlah personil yang terlibat Operasi Ini sebanyak 210 personel Polri dan belum ditambahkan dari instansi terkait lainnya," ucapnya.

(ary)