Mudik Lebaran Aman dan Sehat dari Polri

Mudik Lebaran Aman dan Sehat dari Polri

Ilustrasi.

Jakarta - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membagikan 10 tips mudik aman dan sehat bagi masyarakat yang bakal melakukan perjalanan pulang kampung pada Hari Raya Idul Fitri 2022.

Menurutnya, jika masyarakat menerapkan 10 tips mudik ini, maka akan merasakan pulang ke kampung halaman dalam kondisi tenang dan bahagia.

"Yang pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci," kata Dedi, Sabtu (23/4/2022).

Tips yang kedua, menginformasikan rencana kepulangan (mudik) kepada tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik. Atau Istilahnya menitipkan rumah untuk jaga, sehingga kalau terjadi peristiwa dengan rumah bisa langsung dikabari.

Yang ketiga, pemudik juga bisa menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata. Keempat, apabila menggunakan kendaraan pribadi harus dicek semua kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan di jalan.

Selanjutnya, tips kelima, apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan.

Lalu keenam, untuk memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap Covid-19 saat mudik, warga diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster (penguat).

"Saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. lstirahatlah di rest area yang ada bila terasa lela, guna menghindari kecelakaan," kata Dedi.

Tips berikutnya, bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik.

"Yang terakhir, tetap disipilin protokol kesehatan dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," kata Dedi.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews