Ada Layanan Tukar Uang Baru di Pelabuhan Batam saat Mudik, Cek Lokasinya

Ada Layanan Tukar Uang Baru di Pelabuhan Batam saat Mudik, Cek Lokasinya

Ilustrasi. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membuka layanan penukaran uang tunai di beberapa pelabuhan di Kota Batam. Layanan ini untuk membantu masyarakat mendapatkan uang tunai baru ketika mudik lebaran. 

Kepala KPw Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi Atmaja menyebutkan pelabuhan yang menjadi lokasi layanan penukaran uang di antaranya, Pelabuhan Punggur, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Harbour Bay, Batuampar. 

“Layanan ini dilaksanakan pada Senin hingga Kamis, 25-28 April mendatang,” ujar Musni, Kamis sore (21/4/2022). 

Adapun jam operasional layanan penukaran uang tersebut yaitu pada pukul 09:00 hingga 12:00 WIB. Khusus Pelabuhan Harbour Bay, layanan hanya dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 27-28 April saja. 

Seperti diketahui sebelumnya, layanan penukaran uang per orang dibatasi maksimal Rp3,8 juta dengan rincian pecahan Rp 20.000 - Rp1.000 setiap pak (Pecahan 20.000 = 2 juta, 10.000= 1 juta, 5.000 = 500 ribu, 2.000 = 200 ribu, dan 1.000 = 100ribu).  

Bank Indonesia Kepri menyediakan uang tunai sebesar Rp 2,11 triliun, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Hingga kemarin, jumlah uang tunai yang telah ditukark sudah mencapai Rp 900 miliar. Musni meyakini hingga pelaksanaan Idul Fitri mendatang, uang tunai yang disediakan dapat tercukupi. 

“Kami perkirakan penukaran uang tunai mulai ramai pada pekan depan, sejalan dengan THR yang sudah cair,” kata Dia. 

Ia mengimbau masyarakat tetap mencintai rupiah dengan mengingat 5J (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi). 

“Agar uang tunai yang baru ditukarkan bisa tahan lama,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews