Duh, Pelatih Fisik Sebut 70 Persen Pemain Timnas U-16 Kelebihan Lemak

Duh, Pelatih Fisik Sebut 70 Persen Pemain Timnas U-16 Kelebihan Lemak

Internal game Timnas Indonesia U-16 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (Foto: dok. PSSI)

Jakarta, Batamnews - Pelatih fisik Timnas Indonesia U-16 Gilang Ramadhan menyebut 70 persen pemain asuhan Bima Sakti kelebihan lemak.

Hal itu ia ungkapkan setelah Timnas U-16 menjalankan pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (21/4/2022). Ia menyampaikan evaluasi usai anak didiknya melewati sepekan latihan.

"Kami melakukan weight training pertama, berdasarkan hasil dari InBody test mereka yang sebelumnya kami lakukan di Medical Center PSSI," kata Gilang Ramadhan dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-23 di Korea

"Dari tes itu ada beberapa pemain, sekitar hampir 70 persen pemain mempunyai kelebihan lemak di tubuhnya dan massa otot yang kurang, makanya kami lakukan weight training hingga selesai TC nanti," kata Gilang menambahkan.

Ia menyebut, weight training dilakukan demi meningkatkan massa otot para pemainnya. Sebab Gilang menjadikan beberapa pertandingan sebelumnya sebagai tolok ukur bahwa kondisi fisik para pemain masih di bawah harapan.

"Jadi kami mau lihat standarnya di usia 16 tahun ini, terakhir kami lihat saat tim U-16 melawan Australia yang masuk kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia di Malaysia waktu itu, kami melihat postur tubuh (pemain Timnas U-16) masih kalah," ucapnya.

Baca juga: Jordi Amat Pilih Timnas Indonesia, sang Nenek Bangga

"Badan mereka (pemain lawan) lebih besar dari pemain-pemain kami, makanya kami coba untuk mulai dari hal itu. Kami di sini juga benchmark alat-alatnya dari Australia. Makanya kami coba untuk levelnya seperti Australia," kata dia menambahkan.

Di satu sisi, ia berpendapat stamina para pemain dalam kondisi yang baik. Para pemain menunjukkan perkembangan positif di beberapa aspek.

"Mereka produktif dan progresif semuanya karena kami sudah hampir seminggu mengadakan TC. Kami selalu kontrol bagaimana kondisi fisik mereka, recovery mereka, latihan mereka, apa yang harus diberikan saat latihan TC mereka selama di bulan ini," ujarnya.

"Nanti sampai di rumah mereka, kami berikan individual training secara virtual juga," kata dia.

(ruz)
Komentar Via Facebook :