Jordi Amat Pilih Timnas Indonesia, sang Nenek Bangga

Jordi Amat Pilih Timnas Indonesia, sang Nenek Bangga

Foto: (dok PSSI)

Jakarta - Nenek Jordi Amat asal Makassar bangga cucunya bakal memperkuat Timnas Indonesia. Selangkah lagi Jordi Amat akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang ditugasi mengurus pemain naturalisasi, Hasani Abdulgani, sudah menemui Jordi Amat beserta neneknya. Hasani baru saja bergerilya di Eropa untuk menemui para pemain keturunan Indonesia.

Baca juga: Tinggalkan KAS Eupen, Jordi Amat Buka Peluang Bermain di Liga 1

Selain Jordi Amat, Hasani juga bertemu dengan Sandy Walsh, Shayne Pattynama. Ada juga dua pemain muda yakni Jim Croque dan Ivar Jenner yang didekati buat memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Khusus Jordi Amat dan Sandy Walsh ditemui Hasani di Belgia. Keduanya memang bermain di Belgia.

"Jordi Amat itu ternyata membawa keluarga besar, bawa bapak, ibu, adiknya, nenek, kakeknya. Jadi ketemu semua," kata Hasani yang pergi ke Eropa sejak 6 April lalu.

"Di pertemuan itu banyak yang dibahas, kami ngobrol, saling kenal. Neneknya bangga bener kalau cucunya bisa main di timnas, karena kan neneknya orang Indonesia yang lahir di Makassar," ujarnya menambahkan.

Jordi Amat dan Sandy Walsh menjadi pemain keturunan yang paling memungkinkan prosesnya rampung duluan ketimbang pemain lainnya. Kedua pemain tak ada masalah untuk berpindah kewarganegaraan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Baca juga: Jordi Amat, Eks Pemain Espanyol Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia

Meski begitu, masih ada beberapa dokumen yang perlu diurus untuk melengkapi berkas naturalisasi. Hasani pun membawa segudang dokumen untuk ditandatangani pemain-pemain keturunan.

"Perlu seminar lagi, karena kalau nggak, ternyata tidak mudah menaturalisasi orang. menaturalisasi atlet yang masih aktif dengan menaturalisasi orang pensiun itu sangat beda," tutur Hasani.

"Peraturan di kita itu lebih condong ke orang-orang yang mau pensiun di Indonesia. Kalau atlet masih aktif apalagi berkarier di Eropa, itu agak berat dengan peraturan di kita sekarang," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews