Respons Dishub Karimun Dengar Keluhan Warga soal Dermaga Pelabuhan Kandis

Respons Dishub Karimun Dengar Keluhan Warga soal Dermaga Pelabuhan Kandis

Kondisi tangga di dermaga Pelabuhan Kandis Karimun yang hanya memiliki pagar pengaman di satu sisi tangga saja. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Keluhan warga mengenai kondisi dermaga di Pelabuhan Kandis, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau yang membahayakan akhirnya direspons instansi terkait.

Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, akan segera memperbaiki tiang sandaran kapal di Pelabuhan Kandis, Kecamatan Buru.

Perbaikan tersebut dengan kembali memasang tiang dengan batang pohon nibung, sama seperti yang sebelumnya dipasang oleh warga sekitar yang kini telah patah.

Tiang-tiang tersebut akan dipasang pada bagian tepi tangga naik turun di pelabuhan Kandis. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Efriyan, saat dihubungi wartawan.

"Iya, tiang penyanggah itu nanti akan kita pasang, tiang dari batang nibung," ujarnya, Sabtu (16/4/2022).

Hanya saja, pemasangan tiang tersebut belum dapat dilakukan dalam waktu dekat. Karena, masih menunggu pengerjaan perbaikan satu pelabuhan yang juga ada di Buru.

Baca: Akses Penumpang di Pelabuhan Kandis Karimun Membahayakan, Tangga Pengaman Hanya Satu Sisi

Sehingga, tiang-tiang nibung yang untuk keamanan kapal bersandar dan penghambat pada tangga itu, masih menunggu waktu.

"Pengerjaan bisa jadi setelah pengerjaan perbaikan salah satu pelabuhan yang juga ada di Buru saat ini," ucapnya.

Disinggung mengenai pemasangan pagar besi pada tangga di bagian sebelah laut, Dishub belum berencana melakukan pemasangan.

Sebab, untuk pemasangan pagar pembatas seperti yang telah dipasangan pada bagian tangga sisi dalam, menggunakan anggaran kerja.

"Untuk saat ini, masih memfokuskan pemasangan tiang penyangga, agar kapal-kapal penumpang dapat bersandar dengan aman. Kalau pemasangan pagar besi, harus dengan anggaran dan harus masuk dalam kegiatan kerja," ucapnya.

(aha)
Komentar Via Facebook :