Mimpi Basah Saat Ramadan, Membatalkan Puasa atau Tidak?

Mimpi Basah Saat Ramadan, Membatalkan Puasa atau Tidak?

Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Jakarta, Batamnews - Banyak orang yang masih mencari-cari hukum mimpi basah saat puasa. Ternyata, mimpi basah saat puasa yang terjadi siang hari tidak membatalkan puasa Ramadan.

Para ulama terdahulu juga memastikan bahwa mimpi basah bukan sesuatu yang bisa membuat puasa seseorang batal.

"Ini juga berdasarkan pada hadis nabi bahwa mimpi basah itu yang sampai keluar air mani tidak membatalkan puasa," kata Ustaz yang juga menjabat sebagai Sekretrais PCNU Bandung, Wahyul Afif Al-Ghafiqi dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (5/4/2022).

Kata Wahyul, Allah tidak memberikan aturan atau hukum Islam terhadap orang yang sedang tidur, sebab saat tidur akal manusia beristirahat dan tidak menjalankan fungsinya sebagaimana saat dia bangun atau sadar. Mimpi basah terjadi saat seseorang tidur nyenyak.

Baca juga: Doa Berbuka Puasa Ramadan, Dibaca Setelah atau Sebelum Berbuka?

"Orang yang tidur sama dengan orang yang hilang akal, mereka dikecualikan dari semua aturan dan hukum Islam," kata dia.

Selain itu, mimpi, termasuk mimpi basah saat puasa juga bukan sesuatu yang bisa dikendalikan. Oleh karena itu mimpi basah yang dialami seseorang baik wanita maupun pria yang telah masuk usia dewasa tidak akan membatalkan puasa.

Hanya saja orang tersebut tetap harus mandi besar atau junub untuk membersihkan hadas besar yang menempel di dirinya.

"Setelah mandi, setelah bersih kembali silahkan lanjutkan puasanya hingga tiba waktu berbuka," katanya.

Hal sama juga diungkap oleh Staf Khusus Menteri Agama, Ishfal Abidal. Kata dia, air mani yang keluar dari tubuh seseorang akan membatalkan puasa jika keluarnya disengaja atau karena aktivitas hubungan seksual.

"Kalau mimpi ini kan tidak sengaja, namun tetap Anda harus mandi junub saat bangun tidur, lanjutkan puasa hingga waktu berbuka tiba," kata dia soal mimpi basah saat puasa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews