Tiga Momen yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Terlewatkan

Tiga Momen yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Terlewatkan

Ilustrasi berburu takjil (Foto: ist via liputan6)

Batam, Batamnews - Kehadiran bulan suci Ramadan sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat Muslim dunia. Tak terkecuali di Indonesia.

Oleh sebab itu, sebaiknya momen Ramadan diisi dengan kegiatan positif, seperti beribadah, menanam pahala, dan melakukan kebaikan yang dapat memberikan manfaat untuk orang banyak.

Selain penuh akan pesan dan makna, Ramadan juga memiliki kesan yang membuatnya berbeda dengan bulan-bulan lain. Berikut 3 momen yang hanya ada saat bulan suci Ramadan.

Baca juga: Tips Mudah dari Dokter Gigi Atasi Bau Mulut saat Puasa

1. Ngabuburit

Siapa yang tidak senang dengan kegiatan yang satu ini? Jalan-jalan atau ngabuburit di sore hari sambil menunggu waktu berbuka adalah kegiatan yang menyenangkan.

Ngabuburit hanya kita temui saat bulan puasa saja, di bulan-bulan lain kita tidak bisa merasakannya. Selain berjalan-jalan untuk menunggu waktunya berbuka, kalian juga bisa menggunakan waktu tersebut untuk membeli takjil atau makanan yang akan dimakan nanti. 

Rasanya sayang sekali jika kita melewatkan kegiatan yang satu ini begitu saja. Kegiatan yang akan kita temui sebulan dalam setahun ini cukup lama rasanya untuk ditunggu kehadirannya kembali.

 

2. Shalat tarawih

Shalat tarawih merupakan kegiatan yang benar-benar hanya kita temui saat bulan puasa saja. Shalat tarawih tidak bisa kita lakukan di bulan-bulan lain selain bulan puasa.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat jika melaksanakan ibadah yang satu ini. Selain mendapat pahala tentunya, kita dapat bertemu dengan tetangga sekitar untuk melaksanakan ibadah Shalat secara bersama-sama atau jamaah. 

Kegiatan yang hanya datang sebulan dalam setahun ini tidak akan bisa diulang di bulan-bulan lain. Mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi di kalangan tetangga bisa dimulai dengan melaksanakan Shalat tarawih. Dengan begitu, Shalat tarawih memberikan kita banyak manfaat.

Baca juga: Patut Dicoba, Ini 4 Menu Berbuka Puasa yang Menyegarkan

3. Takjil 

Takjil, mungkin saja bisa kita rasakan di bulan lain selain bulan puasa. Namun, rasanya sangat berbeda sekali dengan takjil yang kita nikmati di bulan puasa setelah seharian penuh berpuasa.

Takjil merupakan ciri khas di bulan puasa, jadi sayang sekali rasanya bila kita tidak menikmatinya di bulan yang penuh berkah ini. Selain menikmatinya, berbagi takjil juga bisa kalian lakukan untuk membantu orang yang kurang mampu.

Dengan berbagi, kita dapat merasakan kebahagiaan yang orang lain rasakan saat kita memberikannya. Secara tidak langsung kita telah membantu orang tersebut agar ada makanan yang bisa mereka rasakan saat berbuka puasa nanti. Namun, berbagi bukan hanya dilakukan saat bulan puasa saja ya, kita bisa melakukannya di bulan-bulan lain. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews