Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 2022 Digelar Hari Ini

Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 2022 Digelar Hari Ini

Ilustrasi (Foto: Antara)

Jakarta, Batamnews - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1443 Hijriah. Sidang akan dilakukan hari ini secara hybrid.

Sidang isbat secara langsung akan dilakukan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Sementara, sebagian peserta lainnya akan berpartisipasi secara virtual.

"Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Jumlah peserta yang hadir secara langsung akan dibatasi. Selain itu penerapan protokol kesehatan (Prokes) juga tetap dilakukan.

Baca juga: Tempat Hiburan di Batam Tetap Buka saat Ramadan, Begini Aturannya

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, ruang sidang telah disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker," ucapnya.

Sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah.

Sidang isbat ini akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," ujar Kamaruddin.

Baca juga: Hukum Puasa Setengah Hari di Bulan Ramadan Bagi Anak-anak, Bolehkah?

Nantinya, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Pada sesi ini, acara akan disiarkan melalui live streaming.

Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah salat Magrib.

Selain data hisab (informasi), sidang isbat akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

"Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews