Mau Liburan ke Singapura? Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Mau Liburan ke Singapura? Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Foto: Reuters/Edgar Su

Jakarta, Batamnews - Syarat masuk ke Singapura sekarang makin mudah. Setelah menghapus kewajiban karantina, negara yang menjadi hub bisnis di Asia Tenggara itu juga menghapus semua jalur Vaccinated Travel Lane (VTL). Ini artinya pelancong yang sudah menerima vaksin lengkap dapat masuk Singapura dari mana saja.

Untuk mengganti kebijakan VTL, pemerintah akan memberlakukan skema perjalanan baru yang disebut Vaccinated Travel Framework (VTF). Dengan skema ini, para pelancong tidak lagi diharuskan hanya menggunakan penerbangan yang ditentukan untuk memasuki Singapura tanpa karantina, dan tidak perlu melakukan tes cepat antigen Covid-19 dalam waktu 24 jam setelah kedatangan.

Baca juga: Pelaku Pariwisata Batam Semringah Sikapi Singapura-Malaysia Buka Perbatasan

Selain itu, tidak akan ada lagi kuota jumlah kedatangan harian dan tidak ada persetujuan masuk yang diperlukan untuk semua pelancong yang divaksinasi.

Meski begitu, mengutip laporan The Straits Times, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan pada Kamis (24/3/2022) bahwa tes Covid tetap menjadi syarat bagi pelancong luar negeri. Tes ini wajib dilakukan dua hari sebelum keberangkatan.

Berikut adalah dokumen serta persyaratan yang harus disiapkan turis jangka-pendek untuk masuk Singapura mulai 1 April 2022:

1. Paspor yang masih berlaku

2. Memiliki asuransi perjalanan yang mencakup perawatan Covid dengan nilai minimal S$30.000 atau sekitar Rp310 juta (kurs Rp10.571/dollar Singapura).

Baca juga: Singapura Buka Pintu Wisatawan Tanpa Skema VTL Mulai 1 April, Simak Syarat Kunjungan

3. Apabila pernah positif Covid dalam waktu 7-90 hari sebelum keberangkatan ke Singapura, cek di sini untuk mengetahui apakah Anda memenuhi persyaratan untuk masuk sebagai turis yang telah divaksinasi.

4. Mengisi Kartu Kedatangan Singapura atau SG Arrival Card 2 hari sebelum keberangkatan. Di tahap ini, turis diminta untuk mengunggah sertifikat vaksin dalam dalam Bahasa Inggris.

5. Bukti tes PCR negatif dalam Bahasa Inggris. Tes harus diambil dua hari sebelum keberangkatan.

6. Menginstal aplikasi TraceTogether


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews