Pelaku Pariwisata Batam Semringah Sikapi Singapura-Malaysia Buka Perbatasan

Pelaku Pariwisata Batam Semringah Sikapi Singapura-Malaysia Buka Perbatasan

Sudut kawasan Kota Batam diabadikan dari udara. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Kebijakan bebas karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) melalui Bali, Batam, dan Bintan mendapat sambutan positif dari pelaku usaha pariwisata.

Ketua Nongsa Sensation, Anddy Fong berpendapat, kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kepala Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 nasional Nomor 13 Tahun 2022 itu membuka kesempatan bagi sektor pariwisata bergairah lagi. 

“Kami sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat bahkan media yang berjuang bersama-sama untuk menghidupkan lagi pariwisata kita,” ujar Anddy, Sabtu (29/3/2022). 

Ia menyampaikan dalam 1,5-2 tahun belakangan, sektor pariwisata sangat terkena dampak dari pandemi Covid-19. Namun saat ini secara perlahan sudah mulai membaik. 

“Kesempatan ini tidak akan kami lewatkan, kami akan berusaha sebaik-baiknya,” kata dia. 

Selain itu, pada 1 April 2022, Pemerintah Singapura dan Malaysia membuka kembali perbatasannya untuk semua pelancong yang sudah vaksinasi penuh. 

Sebelumnya, Pemerintah Singapura juga telah membuka perbatasannya bagi para pelancong melalui vaccinated travel lane (VTL) namun kuotanya dibatasi. Namun ke depan, kuotanya tidak dibatasi. 

Maka dari itu, Anddy mengatakan pihaknya sudah mulai bersiap lagi, dengan kebijakan baru tersebut. 

Ia menyebutkan pada pertengahan April mendatang, pihaknya akan melakukan perncanaan dengan baik, agar pelayaran dari Johor-Batam maupun sebaliknya dapat beroperasi, kapal ferry bisa terisi penuh. 

“Moment ini penting, supaya kita tangkap terlebih dahulu,” katanya.
 

(ret)