Singapura Umumkan Akan Buka Kedutaan di Israel

Singapura Umumkan Akan Buka Kedutaan di Israel

ilustrasi

Batam, Batamnews - Pemerintah Singapura mengumumkan akan membuka kedutaan besarnya di Israel, hampir enam dekade setelah menjalin hubungan dengan negara Yahudi itu.

Demikian diumumkan Kementerian Luar Negeri Israel pada Senin (21/3) seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Umat Islam di Singapura Kini Bisa Rapatkan Saf saat Salat Berjemaah

Pengumuman itu disampaikan setelah Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan bahwa Singapura juga akan membuka "kantor perwakilan" di Tepi Barat yang diduduki Israel untuk meningkatkan hubungan dengan Otoritas Palestina.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, yang bertemu Balakrishnan pada hari Senin, mengatakan keputusan Singapura untuk membuka kedutaan Israel menyoroti "hubungan baik dan khusus antara kedua negara kami yang terjalin pada tahun 1965".

Balakrishnan juga bertemu dengan beberapa pejabat Palestina di kota Ramallah, Tepi Barat, termasuk Perdana Menteri Mohammed Shtayyeh.

Dalam postingan di Twitter, dia mengatakan bahwa kantor perwakilan di Tepi Barat akan bertujuan untuk "mengkoordinasikan bantuan teknis kami dan memfasilitasi keterlibatan dengan Otoritas Palestina".

Baca juga: Aturan Lengkap Perjalanan ke Singapura Bagi Warga Batam dan Bintan

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara meningkatkan keterlibatan diplomatik mereka dengan Israel, yang tetap menjadi mitra kontroversial bagi beberapa pemerintah karena konflik selama puluhan tahun dengan Palestina.

Uni Emirat Arab dan Bahrain baru-baru ini juga telah membuka kedutaan besar di Tel Aviv. Sebuah tindakan yang membuat marah warga Palestina, yang mendesak semua negara Arab dan Muslim agar menghindari hubungan dengan Israel.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews