Ini Daftar 24 Negara Peserta Euro 2016

Piala Euro 2016 (foto: istimewa/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Babak playoff terakhir yang berlangsung dini hari tadi otomatis memastikan ke-24 negara peserta Euro 2016 yang akan berlaga di Prancis musim panas tahun depan. Dua negara terakhir yang memastikan lolos adalah Ukraina dan Swedia.

Ukraina melaju ke Euro 2016 setelah mengalahkan Slovenia dengan agregat 3-1. Keberhasilan ini merupakan yang pertama kali bagi mereka lolos ke ajang Piala Dunia atau Euro lewat babak playoff.

Sebelum kesempatan kali ini, total negara pecahan Uni Soviet tersebut mendapat lima kali unjuk gigi di babak playoff. Namun, tak pernah sanggup lolos ke Piala Dunia ataupun Euro lewat babak tersebut.

Sementara Swedia menyingkirkan Negara Skandinavia lainnya, Denmark dengan agregat 4-3. Dua negara lain yang melaju dari babak playoff ialah Republik Irlandia dan Hungaria. Irlandia mengempaskan Bosnia-Herzegovina dengan agregat 3-1, sementara Hungaria mengalahkan Norwegia juga dengan 3-1.

Selain keempat tim tersebut, sudah ada 20 negara yang lebih dulu memastikan langkah tampil di turnamen yang mempertemukan antarnegara Eropa tersebut. Juara bertahan dan finalis Euro 2012, Spanyol serta Italia juga sudah lebih dulu mendapat tiket.

Namun, keduanya berada dalam pot unggulan yang berbeda. Spanyol berada pada pot 1 atau unggulan pertama. Sementara Italia ditempat kedua. Karena itu, potensi tergabungnya kedua negara itu di Fase Grup Euro 2016 terbuka lebar.

Berikut ini daftar 24 peserta Euro 2016:

Prancis
Spanyol
Jerman
Inggris
Portugal
Belgia
Italia
Rusia
Swiss
Austria
Kroasia
Ukraina
Republik Ceko
Swedia
Polandia
Rumania
Slovakia
Hungaria
Turki
Republik Irlandia
Islandia
Wales
Albania
Irlandia Utara.

(ind/bbs)

SHARE US :