`Gelar Budaya` Sukses Hibur dan Bantu Perputaran Ekonomi di Lingga

`Gelar Budaya` Sukses Hibur dan Bantu Perputaran Ekonomi di Lingga

Panitia event Gelar Budaya Daik Lingga (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Kekerabatan RT/RW dan Pemuda Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar event `Gelar Budaya` yang dimulai 7-12 Maret 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Sultan Mahmud Riayatsyah Daik Lingga ini terkonsep sangat apik dan tertata rapi. Sejumlah pedagang ikut terlibat dalam menyukseskan event tersebut, mulai dari pedagang kuliner, asongan, pakaian, serta mainan anak-anak.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Khairul Basyar mengatakan, kegiatan ini murni dari masyarakat RT/RW dan Pemuda Kelurahan Daik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

Baca juga: Bupati Nizar Ingin `Jelajah Alam Lingga Trail Adventure` Jadi Event Tahunan

Selain membantu meningkatkan perputaran ekonomi, kegiatan ini juga diharapkan dapat menghibur masyarakat Daik Lingga yang sudah haus hiburan akibat pandemi Covid-19.

"Jumlah pedagang yang berjualan selama kegiatan berjumlah 60 orang, dan ada beberapa pedagang yang datang dari luar Daik seperti dari Dabo Singkep, Pancur, Tanjungpinang dan Batam," kata dia, kemarin.

Setiap malam, `Gelar Budaya` ini diisi dengan berbagai macam acara hiburan, ada orkes melayu, lakonan lawak khas melayu, group band, dangkong dan malam puncak diisi oleh vokalis band papan atas Doni (eks Seventeen), Teguh (Gitaris Tiket Band), Mira (Samudra Ensemble), Otw Sispack Band, Serenada Band dan beberapa penyanyi lokal. Kemudian juga ada kupon berhadiah utama 1 unit sepeda motor.

"Selama kegiatan kami juga tetap memperhatikan prokes dan selalu mengimbau kepada para pengunjung untuk tetap menggunakan masker. Di pintu masuk kita telah menyiapkan tempat cuci tangan beserta sabun, di hari pertama masker yang panitia siapkan 500 lembar dan itu habis bahkan tidak cukup, di malam puncak panitia menyiapkan 2500 lembar juga habis semua," jelas pria yang akrab disapa Long Li ini.

 

Dalam event `Gelar Budaya` ini juga ada kegiatan sosial yaitu periksa mata gratis dan penggalangan dana untuk masyarakat yang terkena musibah.

"Jadi acara ini komplit dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat, acara ini juga murni dari kami RT/RW dan Pemuda Kelurahan Daik tanpa dana dari Pemerintah Daerah," ucapnya.

"Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar dan sukses, dan terima kasih kami ucapkan yang setinggi tingginya kepada para donatur, PDAM dan PLN yang sangat membantu kami hingga selesai," tambah Long Li.

Ditempat terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lingga, Zalmidri menyambut baik kegiatan yang ditaja oleh Kekerabatan RT/RW dan Pemuda Kelurahan Daik tersebut. Menurutnya, mereka dapat membaca peluang karena pada tanggal 12-13 Maret juga ada Event Terabas Jelajah Alam Lingga oleh LTA.

Baca juga: Bupati Lingga Tawarkan Peluang Investasi ke BP Batam, Ada AMDK Gunung Daik

"Jadi dengan adanya kegiatan Gelar Budaya ini para terabaser dari luar dapat menikmati hiburan malam sambil menikmati kuliner-kuliner yang ada. Kegiatan ini sangat mendukung sekali dengan Visit Lingga, yaitu ada event dan diikuti dengan beragam acara budaya dan kami (Pariwisata) sangat merasa terbantu dengan kegiatan ini," ujarnya.

"Karena ada promosi kedaerahan yang ditampilkan di dalamnya ada diisi oleh beragam pelaku seni dan juga ada peluang usaha buat UMKM untuk meningkatkan ekonomi," tambah Zalmidri.

Pantauan di lapangan saat malam puncak event tersebut, perwakilan pedagang kuliner naik ke atas panggung dan di wawancarai oleh MC, mengucapkan terimakasih karena kegiatan tersebut dapat membantu para pedagang.

"Efek perputaran ekonomi selama acara sangat berasa imbasnya dan Alhamdulillah meningkat, terimakasih pada para panitia yang telah membuat dan mengemas acara ini dengan baik, harapan kami mudah-mudahan ada lagi acara seperti ini," ucap pedagang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews