Mulai Digelar di Batam, Ini Alasan Uji Kompetensi Guru Wajib Diikuti

Mulai Digelar di Batam, Ini Alasan Uji Kompetensi Guru Wajib Diikuti

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin. (foto: alfi)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG), sesuai surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

UKG di Kota Batam sudah digelar sejak Senin (11/11/2015) di beberapa sekolah di Batam, serta diikuti 700 guru dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin mengatakan pelaksanaan UKG sangat penting, mengingat guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi.

"UKG merupakan kegiatan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik dalam penguasaan materi oleh Guru," ujar Muslim.

Kegiatan UKG itu sangat penting karena digunakan untuk memperoleh gambaran informasi pedagogik dan profesional, sementara alat ukur untuk kemampuan sosial dan pribadi guru menggunakan penilaian kinerja guru.

"UKG wajib diikuti semua guru, baik guru PNS maupun bukan PNS, tapi bagi guru yang belum memiliki NUPTK belum bisa mengikuti Ujian Kompetensi Guru ini," papar Muslim

Selanjutnya, materi yang diujikan dalam UKG kata Muslim diantaranya adalah kemampuan pedagogik atau kemampuan mengajar di kelas. Selanjutnya adalah kompetensi profesional yakni meliputi bidang yang diajarkannya di sekolah.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews