Gunung Sinabung Meletus Lagi!

Gunung Sinabung Meletus Lagi!

Gunung Sinabung erupsi dilihat dari Desa Tiga Serangkai, Karo, Sumatera Utara. (foto: ist/antara)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali menyemburkan awan panas pada Selasa (17/11/2015). Setidaknya, Sinabung sudah tujuh kali menyemburkan awan panas sejauh 3,5 kilometer.

Petugas Pos Pengamat Gunung Api Sinabung, menyebut peningkatan aktivitas terjadi pada Selasa dini hari dan mencapai puncaknya pada pukul 08.00.

Jarak luncuran awan panas, menurut Armen, masih mengarah ke tenggara dan timur dengan jarak luncur 3,5 kilometer. "Dibanding hari sebelumnya, ini aktivitas hari ini sangat tinggi,” kata Armen, petugas pengamatan.

Status Gunung Sinabung masih awas atau berada di level IV. Sebanyak 9.325 jiwa dengan 2.592 kepala keluarga mengungsi di sembilan posko pengungsian yang telah disediakan pemerintah.

Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi kedua di provinsi itu. Ketinggian gunung adalah 2.451 meter.

(ind/bbs/viva)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews