Menangislah, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Menangislah, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Menangis bagi sebagian orang adalah hal memalukan. Anda mungkin tidak ingin dibilang cengeng, terlebih bagi seorang pria.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang menangis, misalnya menangis karena sedih berpisah dengan orang yang dikasihi, menangis karena sakit, menangis karena mendengar cerita sedih mengharukan atau menangis karena pasangan selingkuh, dan banyak lagi.

Biasanya, menangis sering menjadi salah satu cara untuk melampiaskan emosi terpendam. Karna banyak orang yang merasa lega setelah menumpahkan air matanya, namun tak jarang justru merasa memburuk.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

“Menangis juga sangat penting untuk kesejahteraan,” kata seorang psikolog klinis di Boulder, Colorado Jodi De Luca, Ph.D., seperti dilansir laman Womens Health Magazine, Selasa (17/11/2015).

Berikut ini 3 manfaat menangis bagi kesehatan.

1. Mengangkat Semangat

“Sekitar 50 persen orang akhirnya merasa lebih bahagia setelah menangis,” kata world’s leading crying researcher dan psikolog, Vingerhoets, Ph.D., dari Tilburg University di Belanda.

Menangis memicu otak melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati.

2. Mengurangi Stres

“Menangis mungkin merangsang cabang sistem saraf yang mempromosikan relaksasi dan pemulihan,” kata Vingerhoets.

Hormon oksitosin juga diperkirakan melonjak pasca menangis. Oksitosin disebut hormon kedekatan dan bisa membuat Anda merasa lebih dekat dengan siapa pun yang menemani Anda saat Anda tengah menangis.

3. Dukungan Tambahan

Satu studi menemukan bahwa orang merasa lebih empati ketika melihat foto wajah menangis.

(ind/bbs/pojok)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews