Jangan Remehkan, Ini 5 Penyakit Mematikan di Musim Hujan

Jangan Remehkan, Ini 5 Penyakit Mematikan di Musim Hujan

Ilustrasi musim hujan. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Musim hujan sudah tiba. Dan biasanya penyebaran virus, bakteri, hingga gigitan nyamuk selama musim hujan sangat berisiko tinggi. Ada beberapa penyakit yang berpotensi menyerang di musim hujan, dan bisa mengancam nyawa.

Ini jenis penyakit yang berbahaya di musim hujan:

Tifus

Dikutip Boldsky, Selasa (17/11/2015), air tanah mudah terkontaminasi bakteri selama musim hujan tiba. Penyakit yang harus diwaspadai yaitu tifus. Maka hindari minum air yang tidak rebus agar tidak menimbulkan penyakit itu. Adapun gejalanya adalah demam, sakit tenggorokan dan sakit kepala dalam kurun waktu lebih dari satu minggu.

Penyakit kuning

Siapa sangka penyakit kuning yang menjadi gejala hepatitis juga rentan terjadi selama musim hujan. Usahakan setiap hari minum air putih yang sudah direbus dan hindari makanan yang dijual pedagang kaki lima. Selain juga, sayuran harus dicuci dalam air garam sebelum dimasak untuk membunuh kuman berbahaya.

Demam berdarah

Disarankan untuk membersihkan selokan rumah dan jangan membiarkan genangan air terdiam begitu saja. Karenanya nyamuk aedes aegypti suka bersarang di sana.

Kalau tubuh Anda sudah digigit, penyakit demam berdarah pun menyerang. Gejala awalnya yaitu demam tinggi, nyeri sendi, ruam kulit, sakit kepala dan nyeri otot.

Malaria

Ini adalah penyakit yang ditularkan lewat serangga dan nyamuk lewat air hujan. Tapi penularan malaria di Indonesia saat ini sudah menurun. Meski begitu, Anda harus tetap waspada dan jangan abaikan penyakit itu.

Chikungunya

Penyakit chikungunya juga disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Maka selama musim, jangan menimbulkan genangan air yang menjadi favorit nyamuk untuk berkembang biak. Adapun gejalanya tak jauh berbeda dengan demam berdarah, yaitu demam tinggi, nyeri sendi dan sakit kepala parah.

(ind/bbs/okezone)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews