PDAM Natuna Fungsikan Kembali Embung Telok Buton Sebelum Ramadan

PDAM Natuna Fungsikan Kembali Embung Telok Buton Sebelum Ramadan

PDAM Natuna akan kembali mengoperasikan Embung Telok Buton (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Natuna, Muhammad Zaki menjanjikan bahwa Embung Telok Buton ditargetkan berfungsi pada awal bulan April 2022 mendatang.

Dirinya berharap Embung tersebut dapat mensuplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM di wilayah Desa Telok Buton, Kecamatan Bunguran Utara.

Ia menyebut, untuk menjalankan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Embung Telok Buton, beberapa langkah teknis telah diambil pihak PDAM agar segera bisa difungsikan.

Baca juga: Pasokan Kebutuhan Pokok di Natuna Aman hingga Ramadan

“Berharap masyarakat bisa bekerjasama dalam program PDAM tentang pengaktifan kembali terkait SPAM yang ada, dan Insya Allah sebelum bulan puasa, air sudah disuplai kepada warga," kata dia kepada Batamnews, Selasa (8/3/2022).

Sebelumnya, saat mengunjungi lokasi Embung Telok Buton, Zaki mengatakan bahwa Embung yang dibangun oleh BWS Sumatera IV pada tahun 2016 itu sempat berfungsi menyuplai air bersih bagi masyarakat saat di kelola oleh pihak desa setempat

Namun adanya kendala operasional oleh pihak desa, Embung tidak berfungsi hingga saat ini, meski intake, mesin pompa, hingga instalasi pipa telah terpasang sejak tahun 2018.

Baca juga: BBM Satu Harga Belum Merata, DPRD Natuna Panggil Pertamina

“Embung ini sekarang sudah diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum, namun pengelolaannya oleh PDAM”, terang Zaki.

Dirinya mengatakan, ketika Embung Telok Buton sudah berfungsi dengan baik, pihaknya akan segera menentukan tarif dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk kembali beralih menjadi pelanggan.

“Akibat Embung ini sempat tidak berfungsi, masyarakat memakai sumur untuk memenuhi kebutuhan air. Nanti setelah Embung ini berfungsi, akan kita ajak masyarakat kembali menjadi pelanggan kita," lanjut Zaki.

Sebagaimana diketahui, Embung Telok Buton memiliki kapasitas tekanan air sebanyak 5 liter per detik, dan 432 liter per kubik. Dengan demikian, diperkirakan debit air diperkirakan mampu bertahan menyuplai selama 2 bulan pada musim kemarau penuh.

(Yan)
Komentar Via Facebook :