Markas Koarmada I Diisukan Pindah ke Kepri

Markas Koarmada I Diisukan Pindah ke Kepri

KASAL dan Pangkoarmada I saat kunjungan kerja ke Tanjungpinang tempo lalu.

Batam, Batamnews - Isu pemindahan Komando Armada I (Koarmada I) ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memang sudah terkuak sejak awal tahun 2022.

Pemindahan markas Koarmada I dikabarkan berada di Pulau Bintan. Pergeseran lokasi melihat dari efisiensi pergerakan kekuatan armada Koarmada I yang selama ini bermarkas di Jakarta.

Selain itu, pertimbangan lainnya ialah pada proses pergeseran kekuatan armada dari Jakarta menuju Natuna membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga: 15 Napi di Kepri Dapat Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Ihwal tersebut pun sempat disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pada, Jumat (25/2/2022) lalu, Laksamana TNI Yudo Margono dan Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah melakukan kunjungan kerja ke Tanjungpinang. Hal itu pun dikaitkan dengan isu pemindahan Komando Utama TNI-AL.

Dibeberkan Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Laode Muhammad, bahwa dalam kunjungan tersebut KASAL dan Panglima Koarmada I hanya melakukan peninjauan beberapa sarana prasarana TNI-AL di Tanjungpinang, Kepri.

Baca juga: Wujud Asli 'Raja Jin' yang Dimakan YouTuber Dede Inoen

Kunjungan itu disebut-sebut ada hubungannya dengan rencana pemindahan Koarmada I ke Kepri. Namun Laode menegaskan bahwa wacana tersebut masih dalam tahap pengkajian dan pertimbangan.

"Masih dalam pengkajian dan pertimbangan kapan pelaksanaannya. Itu perlu mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana, termasuk juga administrasi," kata dia, Kamis (3/3/2022).

Ia belum bisa memberikan informasi lebih jauh perihal lokasi berdirinya Koarmada I. Pasalnya hingga saat ini, pihaknya masih menunggu arahan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

(jun)