Akhiri Konflik, Rusia-Ukraina Berunding di Perbatasan Belarusia

Akhiri Konflik, Rusia-Ukraina Berunding di Perbatasan Belarusia

Lokasi perundingan damai Rusia-Ukraina (Belarus Foreign Ministry via BBC)

Minsk, Batamnews - Rusia menyatakan ingin mencapai kesepakatan dengan Ukraina untuk mengakhiri konflik kedua negara. Perundingan tersebut digelar di perbatasan Belarusia.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Senin (28/2/2022), delegasi Rusia dipimpin oleh penasihat kepresidenan Rusia, Vladimir Medinsky, yang kini telah berada di Belarusia. Medinsky menyatakan timnya 'siap untuk negosiasi segera setelah kedatangan' delegasi Ukraina.

"Kami jelas memiliki kepentingan untuk mencapai sejumlah kesepakatan sesegera mungkin," tutur Medinsky yang merupakan penasihat Presiden Vladimir Putin.

Baca juga: Apakah Putin akan Menekan Tombol Nuklir?

"Kami menunggu kedatangan delegasi Ukraina," ucapnya, sembari memperkirakan bahwa perundingan akan dimulai pada siang hari waktu Moskow.

Dalam pernyataan terpisah seperti dikutip kantor berita RIA-Novosti, Medinsky menyebut logistik untuk delegasi Ukraina 'sangat sulit', dengan waktu kedatangan ditunda beberapa kali.

Delegasi Rusia dan Ukraina dijadwalkan bertemu di sebuah lokasi dekat perbatasan Belarusia-Ukraina, tepatnya dekat Sungai Pripyat, pada Senin (28/2). Ini akan menjadi perundingan pertama antara kedua negara yang berperang sejak invasi dimulai pekan lalu.

Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy sebelumnya mengatakan jika Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, menghubungi Zelensky pada Minggu (27/2) dan menawarkan jaminan keamanan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews