Penampakan Iringan Tank dan Militer Rusia Menuju Kiev

Penampakan Iringan Tank dan Militer Rusia Menuju Kiev

Citra satelit rekam pasukan darat Rusia di timur laut Ivankiv konvoi ke Arah Kiev.

Kiev, Batamanews - Sebuah citra satelit menangkap iring-iringan tank dan pasukan militer Rusia. Pengerahan besar-besaran militer Rusia menindaklanjuti invasi terhadap Ukraina sejak lima hari terakhir.

Gambar yang dirilis Maxar Technologies Inc menunjukkan, iringan pasukan sepanjang lebih dari 5 km. Terpotret jelas ratusan kendaraan militer Rusia berjejer rapi di jalanan. Lebih kurang 64 kilometer jarak akan ditempuh iringan kendaraan untuk sampai ke Kiev, ibu kota Ukraina.

Baca juga: Pasukan Khusus Rusia Menembus Kiev, Presiden Ukraina Sembunyi Takut Diculik

Konvoi kendaraan yang terekam di timur laut kota Ivankiv di Ukraina tersebut membawa bahan bakar, logistik. "Terdiri dari kendaraan lapis baja seperti tank, kendaraan tempur infanteri dan artileri," kata Maxar. Demikian dikutip dari Antara, Senin (28/2/2022).

Gambar-gambar dari satelit itu juga memperlihatkan kerusakan yang disebabkan oleh serangan udara terhadap bandara Antonov di Hostomel dan pertempuran sengit di bandara dan sekitarnya, menurut laporan Maxar.

Maxar telah melacak penambahan pasukan Rusia selama beberapa pekan. Citra satelit miliknya tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Baca juga: Pasukan Darat Rusia Masuk Kiev, Ukraina Minta Warga Buat Bom Molotov

Sebelumnya, kedua negara bersepekat untuk berunding mengakhiri perang. Rusia menyatakan pewakilan dua negara akan bertemu di Belarusia. Pada dasarnya Ukraina juga menginginkan adanya perdamaian. Tetapi menolak bila lokasi perundingan di Belarusia. Dijadwalkan proses negasiasi akan dilakukan Senin (28/2) pagi waktu setempat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews