5 Tips Mudah Jalani Puasa Buat Traveler

5 Tips Mudah Jalani Puasa Buat Traveler

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Ibadah Puasa mengharuskan umat Islam menahan godaan untuk tidak makan dan minum dari fajar hingga Maghrib.

Terkadang terdengar begitu sulit untuk dijalani, apalagi bagi mereka yang menunaikan ibadah Puasa untuk pertama kalinya.

Begitu juga buat para traveler. Namun tentunya ada tips-tips biar puasa kamu tetap lancar. Berikut 5 tips mudah jalani buat traveler. Disimak ya!

Baca juga: 7 Cara Turunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa

1. Jangan Skip Sahur

Saat menunaikan ibadah puasa, sahur merupakan hal yang penting untuk dilakukan, selain untuk memenuhi kebutuhan energi selama beraktivitas agar tidak lemas selama berpuasa, sahur juga dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Jadi pastikan traveller tidak melewatkan sahur ya!

2. Tidak Kalap Saat Sahur

Menahan makan hingga maghrib bukan berarti dapat membuat traveller kalap saat sedang sahur. Makan berlebihan saat sahur hanya akan membuat tubuh terasa berat dan ngantuk, hal ini dapat membuat kalian tidak produktif dan mudah lelah, sehingga berpuasa akan terasa sangat berat dan sulit untuk dijalani.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Tepat saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

3. Melakukan Aktivitas Menyenangkan

Untuk membunuh waktu yang rasanya berjalan sangat lambat saat berpuasa, traveller dapat mengisinya dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berkebun, membaca novel, bermain game, menonton drama hingga menyiapkan menu untuk berbuka puasa.

Bagi yang ingin tetap melakukan olahraga, disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit atau bisa juga dengan berolahraga menjelang maghrib agar tidak menguras banyak energi.

4. Beribadah

Cara terbaik keempat untuk mengalihkan pikiran dari rasa lelah dan lapar adalah dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta. Traveller dapat membaca Al-Quran untuk mengisi waktu luang dan melengkapi ibadah selain salat wajib dan salat sunnah. Hitung- hitung untuk nambah pahala juga kan?

Baca juga: 10 Pilihan Menu Sahur yang Bikin Kenyang dan Tak Mudah Lapar

5. Tidur

Tidur menjadi tips terakhir bagi traveller yang ingin menghemat energi saat berpuasa. Bukannya menganjurkan untuk bermalas-malasan dan hanya tidur seharian hingga maghrib loh yaa...

Tidur memang cukup ampuh untuk membunuh waktu agar puasa tidak terasa begitu berat. Namun tidur seharian sangatlah tidak dianjurkan karena hanya akan membuat tubuh terasa semakin lemas.

Baca juga: 5 Kegiatan Favorit Netizen Saat Ramadan


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews