15 Warga Natuna Probable Covid Varian Omicron

15 Warga Natuna Probable Covid Varian Omicron

ilustrasi

Natuna, Batamnews - Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna mencatat 15 kasus probable Covid-19 varian Omicron.

Hasil pemeriksaan 15 sampel itu sebelumnya dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan, dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam.

Baca juga: Hati-hati! Sakit Punggung Bisa Jadi Gejala Terinfeksi Omicron

Plt Kadinkes Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan 15 orang  probable omicron itu saat ini dikarantina di Asrama Haji Natuna.

“Ya kemarin tanggal 12 Februari 2022, kita kirim 15 sample ke Batam dan pada tanggal 17 kemarin kita terima hasilnya. Semuanya probable Omicron,” kata Hikmat di ruang kerjanya, Senin (21/2/2022). 

Adapun ciri dan gejala orang yang terkena virus Omicron, kata Hikmat pada umumnya sama dengan varian Delta, hanya saja orang yang terinfeksi Omicron cenderung merasa lelah.

“Penanganannya sama dengan varian delta, karena itu sama-sama virus corona cuma jenisnya saja yang beda,” terangnya.

Bagi sebagian orang, gejala awal terinfeksi varian Omicron terasa seperti pilek dan dianggap lebih ringan dibandingkan varian sebelumnya. Namun bagi orang yang tidak divaksin, gejala awal terinfeksi varian ini bisa lebih berat.

Selain gejala-gejala mirip flu, ada gejala lain yang kemungkinan dirasakan saat terpapar varian Omicron, yakni sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, merasa kedinginan dan kelelahan.

Hikmat mengakui, Natuna belum mampu melakukan pemeriksaan sendiri terhadap varian Omicron. Sehingga pihaknya perlu dukungan dari laboratorium di Batam.

“Kita belum ada alatnya maka kita kirim ke Batam,” ujar Hikmat.

Baca juga: Awas, Kulit Gatal Bisa Jadi Penyebab Varian Omicron

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dengan protokol kesehatan dengan patuh memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

“Sekarang kita balik lagi ke zona kuning. Jadi kita harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin,” imbaunya.

Tercatat 46 orang saat ini menjalani isolasi Covid-19 di Natuna.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews