Ada Patung Soekarno Setinggi 7 Meter di Pulau Serasan Natuna

Ada Patung Soekarno Setinggi 7 Meter di Pulau Serasan Natuna

Patung Presiden Soekarno berdiri di depan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tengah dibangun di pulau Serasan.  (Foto: Yanto/batamnews)

Natuna, Batamnews - Patung Presiden pertama RI, Soekarno berdiri megah di kawasan perbatasan Indonesia, tepatnya di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Patung Sang Proklamator yang menunjukkan tangan, berdiri di depan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tengah dibangun di pulau Serasan. 

Terbuat dari kuningan dan perunggu, patung tersebut nantinya akan menjadi simbol kedaulatan Indonesia di salah satu pulau terluar yang berbatasan dengan Malaysia dan Brunei Darussalam.

Diketahui, patung tersebut dibuat oleh seniman pematung di Yogyakarta. Meski sudah dipasang di lokasi, akan tetapi patung tersebut masih terbalut kain putih.

Rencananya, selubung kain baru dibuka saat pengerjaan PLBN ini rampung pada pertengahan tahun 2022. 

Keberadaan patung Soekarno ini memang merupakan bagian dari rancangan awal pembangunan PLBN. Selain, patung Soekarno saja, pada bagian lain dari PLBN ini terdapat juga patung Garuda dengan bahan yang sama. 

Bupati Natuna, Wan Siswandi kala berkunjung ke PLBN Serasan juga mengatakan keberadaan patung Soekarno dan Garuda di PLBN Serasan tidak lain sebagai simbol kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan. 

"Garuda dan Soekarno memang identik dengan kemerdekaan dan kedaulatan negara kita, untuk itu saya rasa sudah sepatutnya di PLBN Serasan berdiri patung Soekarno," kata Siswandi, Selasa (15/2/2022). 

Patung Soekarno ini bakal menjadi ikon tersendiri bagi Pulau Serasan, dimana seiring dengan berjalannya PLBN ke depannya. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews