Rodhial Huda: Kembalikan Wibawa Melayu di Tanah Natuna

Rodhial Huda: Kembalikan Wibawa Melayu di Tanah Natuna

Ketua LAM Natuna, Rodhial Huda saat melantik kepengurusan LAM Kecamatan Serasan (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), menginginkan marwah Melayu di tanah Natuna kembali dijunjung tinggi.

Menurut dia, saat ini nilai-nilai adat dan budaya Melayu di Natuna sudah tidak seperti dulu lagi.

"Orang-orang tua dulu, selalu memiliki pantangan dan larangan untuk kita, bukan tanpa sebab, namun untuk menjaga marwah orang Melayu agar selalu dihargai," kata dia disela-sela pengukuhan pengurus LAM Kecamatan Serasan, Minggu (13/2/2022) malam.

Ia menjelaskan, saat ini banyak anak-anak yang sudah tidak percaya lagi dengan pantang larang. Sehingga semua nilai-nilai adat budaya Melayu tidak lagi diindahkan.

Baca juga: Dendang Piwang Meriahkan Malam Minggu Warga di Ranai

Orang nomor dua di Natuna tersebut juga mengatakan jika orang Melayu tidaklah bisa dipisahkan dengan ajaran Islam, sebab dari dulu nenek moyang Melayu telah mengajarkan bahwa islam adalah bagian dari pada budaya Melayu.

Namun nilai-nilai itu menurutnya kini hanya tinggal kenangan. Generasi penerus kini telah terkontaminasi dengan lajunya perkembangan teknologi hingga kadang  norma yang ada pun di terabas begitu saja.

Dengan pembentukan LAM di beberapa kecamatan, Rodhial Huda berharap kedepannya LAM bisa menjadi suatu wadah untuk melestarikan kembali nilai-nilai adat dan budaya Melayu yang telah redup.

"Kita bangkitkan kembali wibawa Melayu kita, kita tunjukkan kepada yang lain bahwa Natuna merupakan bangsa Melayu yang patut disegani dan di hormati," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews