Miris, 9 Tahun Lamanya Desa di Natuna Ini Belum Punya Kantor Sendiri

Miris, 9 Tahun Lamanya Desa di Natuna Ini Belum Punya Kantor Sendiri

Foto: Yanto/Batamnews

Natuna, Batamnews - Sungguh miris melihat nasib salah satu desa yang ada di kabupaten Natuna tepatnya di Kecamatan Serasan. 

Sembilan tahun terbentuk, desa ini belum memiliki kantor desa sendiri dan hingga kini masih menumpang di gedung BUMDes. 

Baca juga: Rodhial Huda: Kembalikan Wibawa Melayu di Tanah Natuna

Desa Pangkalan, salah satu dari enam desa yang berada di wilayah Kecamatan Serasan.

"Sejak berdiri tahun 2013 silam, kantor desa sudah tiga kali pindah, pertama meminjam Gedung Posyandu, lalu berpindah ke Gedung Astaka dan kini pindah lagi ke gedung BUMDes. " ujar Kepala Desa Pangkalan, Syafari kepada Batamnews, Senin (14/2/2022) pagi.

Sejak awal berdiri, dirinya dan para kepala desa yang lama telah sering mengajukan permasalahan ini kepada pemerintah kecamatan maupun Kabupaten Natuna. Namun hingga kini belum teranggarkan. 

"Di setiap Musrenbang selalu kami ajukan, namun ketiadaan anggaran yang menjadi masalah utamanya. Padahal untuk tanahnya sudah ada," ucap Syafari. 

Diakuinya, jika ketiadaan kantor menyebabkan pihak desa hingga kini belum bisa melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. 

Bupati Natuna, Wan Siswandi sendiri terkejut, ternyata di Natuna masih ada desa yang belum memiliki kantor desa. "Ini satu-satunya desa di Kabupaten Natuna yang tidak memiliki kantor desa sendiri," ujarnya.

Siswandi mengatakan jika nasib Desa Pangkalan tak jauh berbeda dengan DPRD Kabupaten Natuna yang 21 tahun berdiri namun belum juga memiliki kantor sendiri. 

Baca juga: Dendang Piwang Meriahkan Malam Minggu Warga di Ranai

"Nah kebetulan (untuk sementara) ada gedung pertanian yang sudah tidak terpakai, kalau memang dimungkinkan bisa kita alokasikan kantor Desa Pangkalan di sana. Tinggal buat surat peminjaman ke Dinas Pertanian," ujarnya

Ditegaskannya pembangunan Kantor Desa Pangkalan ini akan menjadi salah satu prioritas utama dalam usulan Musrenbang Kecamatan Serasan tahun 2022 ini. Pada tahun ini, Siswandi menargetkan pembangunan kantor Desa Pangkalan ini bisa segera direalisasikan.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews