3 Artis Tanah Air Jadi Pemilik Klub Sepakbola, Terbaru Prilly Latuconsina

3 Artis Tanah Air Jadi Pemilik Klub Sepakbola, Terbaru Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina resmi jadi pemilik Persikota Tangerang. (Sumber: Instagram/@prillylatuconsina96)

Jakarta, Batamnews - Memasuki 2022 satu lagi artis papan atas Indonesia terjun ke sepak bola nasional, yakni Prilly Latuconsina. Terjunnya para artis ke belantika sepak bola nasional dimulai pada 2021.

Adalah Raffi Ahmad yang memulai invasi tersebut. Bersama rekan bisnisnya, Raffi membeli saham mayoritas Cilegon United dan mengubahnya menjadi Rans Cilegon FC.

Seolah tak ingin kalah pamor, banyak artis menyuarakan niatan membeli klub sepak bola Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Baim Wong (Sriwijaya FC), Gading Marten (Persikota), dan Rizky Billar (PSMS Medan).

Namun dari ketiga nama tersebut, tak ada yang serius membeli saham klub sepak bola. Gading misalnya, yang awalnya ingin membeli saham klub, malah terlibat di manajemen Persik Kediri dan bukan sebagai pemilik.

Baca juga: Pemilik Klub Sepakbola PSG Tertarik Investasi di Indonesia

Selain artis, 2021 juga ditandai dengan masuknya para pengusaha tajir dan pesohor ke dunia sepak bola nasional. Mereka itu adalah putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang membeli saham Persis Solo dan Gilang Widya dengan membeli saham Arema FC.

Berikut ini adalah daftar artis papan atas Indonesia yang telah resmi membeli saham dan menjadi pemilik klub sepak bola Indonesia:

1. Raffi Ahmad

Raffi resmi mengakuisisi saham mayoritas Cilegon United pada 31 Maret 2021. Setelah itu Raffi dan rekan-rekannya sepakat mengganti nama klub menjadi Rans Cilegon FC saat tampil di Liga 2 2021.

Dengan dukungan rekan-rekan artis dan para pengusaha, Rans menjelma dari klub kuat. Mereka menghadirkan pemain kelas Liga 1. Hal ini membuat Rans menjadi runner-up kompetisi dan promosi ke Liga 1 2022/2023.

Menghadapi Liga 1 musim depan, Raffi tidak main-main. Rans Cilegon sempat dihubungkan dengan mantan gelandang Real Madrid dan Arsenal asal Jerman Mesut Ozil.

 

2. Atta Halilintar

Awalnya Atta ingin membeli saham Sriwijaya FC. Namun tak ada kesepakatan antara Atta dan pemilik lama. Pilihan Atta lantas jatuh kepada PSG Pati yang baru dibeli Syaiful Arifin.

Atta tak sendiri, ia ditemani rekannya sesama pebisnis Putra Siregar. Nama klub pun lantas diubah menjadi Ahha PS Pati dan logo klub ikut diubah. Sayang nasib PSG Pati tak seberuntung Rans.

PSG Pati gagal promosi ke Liga 1 musim depan setelah gagal bersaing di Liga 2 2021.

Baca juga: Atta Halilintar dan Putra Siregar Incar Klub PSG?

3. Prilly Latuconsina

Setelah artis pria, pada 2022 giliran artis wanita yang terjun ke sepak bola Indonesia. Adalah Prilly Latuconsina yang sepakat untuk membeli saham Persikota. Status Prilly bukan pemilik saham mayoritas.

Saat ini Persikota tampil di fase nasional Liga 3 2021/2022. Mereka bertekad promosi ke Liga 2 2022. Kehadiran Prilly diyakini akan membuat kiprah si Bayi Ajaib moncer kembali.

Persikota sebelumnya sempat mampu bersaing di kasta teratas Liga Indonesia. Namun terakhir Persikota bermain di liga kasta tertinggi Indonesia pada 2007.

(ruz)