Wajah Molek Vihara Batam Bersolek Sambut Imlek

Wajah Molek Vihara Batam Bersolek Sambut Imlek

Kelenteng Budhi Bakti di kawasan Windsor, Batam yang terlihat indah. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Tahun baru Imlek 2022 tiba sebentar lagi. Perayaan Imlek akan jatuh pada 1 Februari 2022 mendatang.

Sejumlah kelenteng dan vihara di Kota Batam, Kepulauan Riau sudah bersolek jauh hari sebelum datangnya Imlek. Wajah molek tampak, salah satunya Kelenteng Budhi Bhakti 

Jelang Imlek tahun 2022 ini, beragam persiapan mulai dilakukan oleh pengurus vihara. Mulai dari pemasangan lampion, menata halaman hingga rehab ringan bangunan.

"Kita sudah mulai persiapan sejak seminggu yang lalu," kata salah satu pengurus vihara, Santo, Sabtu (29/1/2022).

Para pekerja juga tampak sibuk. Ada yang memasang lampion, ada juga yang sedang mengecat bangunan.

"Di sini ada kurang lebih 500 lampion yang kita pasang. Nanti akan ada juga semacam doa atau harapan kita bertulis di sebuah kertas di lampion itu," ujarnya.

Perayaan Imlek di era pandemi ini memang jauh berbeda. Seperti halnya penerapan protokol kesehatan sampai pada pembatasan kapasitas pengunjung.

Lebih lanjut, Santo mengatakan bahwa kapasitas dari vihara itu akan dibatasi sebanyak 50 persen saja dari jumlah total. Mereka pihak pengelola juga akan membagi waktu untuk masyarakat yang akan beribadah.

"Kapasitas kita ini ribuan, saya kurang tahu detailnya. Yang jelas kita akan batasi 50 persen jadi keseluruhan mengingat pandemi Covid-19," ujarnya.

Kelenteng Budhi Bakti sudah mulai dibuka mulai tanggal 30 Januari sampai 3 Februari. "Kita buka 4 hari, mulai tanggal 30 besok. Biasanya hari keempat dan seterusnya itu sudah mulai sepi," kata dia.

Santo juga berharap, nanti seluruh pengunjung diharapkan menerapkan prokes. Ia tak ingin Imlek tahun ini jadi punca bertambahnya kasus Covid-19 di Batam, mengingat varian Omicron yang juga patut diantisipasi. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews