Pemko Batam Kucurkan Rp 500 Juta Perbaiki Masjid Baiturrahman Sekupang

Pemko Batam Kucurkan Rp 500 Juta Perbaiki Masjid Baiturrahman Sekupang

Masjid Baiturrahman Sekupang (Foto: Ist/Net)

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepulauan Riau (Kepri), melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) akan melakukan perbaikan terhadap Masjid Baiturrahman, Sekupang. Anggaran perbaikan disiapkan sebesar Rp 500 juta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin mengatakan, tahun ini proses perbaikan tidak sepenuhnya dilakukan karena keterbatasan anggaran. Pada tahap pertama hanya memperbaiki toilet dan gedung pendukung, sementara gedung utama masjid belum dilakukan tahun ini.

"Iya, sekarang kalau ada anggaran tentu akan dilakukan revitalisasi penuh,” ujar Jefridin saat meninjau Masjid Baiturrahman, Jumat (28/1/2022).

Masjid Baiturrahman ini sebelumnya merupakan aset Badan Pengusahaan (BP) Batam, namun kemudian diserahkan ke Pemko Batam. Sehingga Pemko Batam harus melakukan perawatan.

Baca juga: Keranda Tempat Mandi Mayat Masjid Al-Ukhuwah Batam Raib Digondol Maling

Jefridin mengatakan, Masjid ini nantinya akan menjadi masjid kecamatan. “Tahun ini Masjid Agung juga ada revitalisasi lebih besar dari Masjid Baiturrahman. Mudah-mudahan semua lancar pengerjaannya, dan ibadah jadi lebih nyaman," kata dia.

Sekretaris DCKTR Batam, Arman mengatakan bahwa perbaikan tahun ini pertama meliputi toilet tempat wudhu jemaah yang akan beribadah. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua, dan memang membutuhkan perbaikan.

"Pembangunan toilet saja dulu, tapi tim teknis masih mengecek seperti apa nanti pengerjaannya. Yang urgent itu dulu," ucapnya.

Sebelumnya, Pemko Batam akan melakukan revitalisasi Masjid Agung, Batam Center tahun ini. Pengerjaan fisik direncakan akan dimulai Mei mendatang. Pemerintah menyiapkan angaran Rp 210 miliar untuk peningkatan infrastruktur. Untuk teknis pengerjaan memakan waktu hingga tiga tahun ke depan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews