Gelombang Tsunami Hantam Tonga, Rumah hingga Gereja Hancur

Gelombang Tsunami Hantam Tonga, Rumah hingga Gereja Hancur

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Gelombang Tsunami menghantam Tonga hingga ibu kota negara tersebut setelah gunung api bawah laut mengeluarkan erupsi. 

Terjangan air melintasi garis pantai ibu kota Tonga, Nuku'alofa, pada Sabtu (15/1/2022), mengalir ke jalan-jalan pantai dan membanjiri properti. Hal itu disampaikan pemberitaan bersama antara CNN dan Radio Selandia Baru (RNZ).

Melansir nzherald, rekaman video menunjukkan gelombang menyapu rumah, gedung, dan gereja di Tonga, namun belum ada kabar korban luka-luka atau korban jiwa.

Baca juga: Skenario Baru Potensi Tsunami Raksasa di Indonesia

"Doakan kami," tulis seorang warga Tonga di media sosial, ketika orang-orang melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi di tengah teriakan panik.

Selain Tonga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Selandia Baru (NEMA) juga mengeluarkan peringatan tsunami setelah letusan gunung berapi bawah laut di Tonga.

NEMA memperkirakan wilayah pesisir Selandia Baru di pantai utara dan Timur Pulau Utara, serta Kepulauan Chatham akan mengalami gelombang tak terduga, dan arus kuat yang tak biasa.

"Kami mengeluarkan imbauan nasional: aktivitas tsunami usai letusan Tonga," kicau NEMA di Twitter, Sabtu (15/1/2022).

(ruz)