Mendagri Tito: Hasil Tes Serologi Antibodi Masyarakat Kepri Tinggi

Mendagri Tito: Hasil Tes Serologi Antibodi Masyarakat Kepri Tinggi

Mendagri Tito Karnavian (Foto: JPNN)

Batam, Batamnews - Capaian vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menduduki posisi ketiga tertinggi, setelah Bali dan DKI Jakarta. Di samping itu, hasil tes serologi untuk mengukur antibodi di beberapa wilayah Kepri menunjukkan hasil yang baik.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian mengatakan bahwa pihaknya meminta beberapa daerah melakukan tes serologi, salah satunya Kota Batam.

“Tes serologi di Batam sudah dilakukan pada Oktober tahun lalu, Wali Kota melaporkan kepada saya bahwa hasil surveinya yaitu 86,9 persen,” ujar Tito saat peluncuran pelaksanaan booster vaksinasi Covid-19 di Maha Vihara Duta Maitreya, Batam, Kamis (13/1/2022).

Tidak hanya Batam, Gubernur Kepri juga melakukan hal serupa, dan hasilnya mencapai 89 persen.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Luncurkan Booster Vaksin Covid-19 di Batam

Tito menyebutkan pihaknya juga melakukan survei serologi di 47 Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Indonesia pada November tahun lalu. Di Kepri ada 3 kabupaten/kota, yaitu Batam, Bintan dan Karimun.

Untuk Batam diperoleh 91 persen, Karimun mencapai 91,3 persen. Sedangkan Bintan hanya mendapat hasil 80,9 persen.

“Artinya dari 10 orang tertular, 9 diantaranya telah terbentuk antibodi mereka,” jelasnya.

Tes serologi ini dinilai penting, karena mengukur antibodi masyarakat setelah mendapat vaksin Covid-19. Karena walaupun mendapat vaksin, ada kemungkinan antibodi mengalami penurunan.

“Capaian serologi di Kepri sudah cukup tinggi, namun tetap, saya ingatkan untuk jangan lengah,” pesannya.

(ret)