Mendagri Tito Karnavian Luncurkan Booster Vaksin Covid-19 di Batam

Mendagri Tito Karnavian Luncurkan Booster Vaksin Covid-19 di Batam

Mendagri Tito memantau langsung vaksinasi lansia di Batam (Foto: Margaret/Batamnews)

Batam, Batamnews - Pelaksanaan booster atau suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 di Kepulauan Riau (Kepri), secara resmi diluncurkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian di Maha Vihara Duta Maitreya, Sei Panas, Batam, Kamis (13/1/2022).

Dalam sambutannya, Tito menyampaikan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 untuk wilayah Kepri tertinggi ketiga di seluruh Indonesia setelah Jakarta dan Bali.

“Kita patut berbangga, capaian vaksinasi di Kepri tertinggi,” ujar Tito.

Baca juga: Melihat Antusias Warga Batam Ikut Booster Vaksin Corona

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo memberikan atensi yang luar biasa bagi Kepri, sehingga jatah vaksin diberikan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan, Kepri paling terdampak di bidang ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Salah satu sektor pendapatan di Bali dan Kepri berasal dari pariwisata, namun karena lockdown membuat turis luar negeri tidak datang,” katanya.

Saat ini kata Tito, berdasarkan keterangan dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi bahwa dua obat anti virus untuk Covid-19 telah diberikan izin penggunaan darurat.

Pertama, molnupiravir buatan Merck dan Ridgeback Buotherapeutics untuk pasien usia 18 tahun ke atas yang berisiko terkena Covid-19 parah. Kedua, paxlovid buatan Pfizer untuk pasien Covid-19 ringan sampai sedang, usia 12 tahun ke atas dengan berat badan minimal 40 kilogram yang berisiko menjadi parah.

 

“Mulai Januari ini, dua obat anti virus telah ada,” katanya.

Percepatan penanganan Covid-19 didukung dengan capaian vaksinasi agar meningkatkan antibodi. Di samping itu juga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Angka penambahan kasus positif Covid-19 terus menurun. Oleh karena itu, Ia meminta seluruh stakeholder tidak boleh lalai.

“Terbukti angka kasus yang positif turun jauh, angka rumah sakit penuh sekarang sudah mulai kosong, yang sembuh meningkat, tingkat kematian jauh menurun, ini salah satu keberhasilan seluruh jajaran, pemerintah daerah, Forkopimda, TNI/Polri, dan semua elemen masyarakat,” katanya.

Baca juga: Kalangan Lansia Dominasi Penerima Booster Vaksin Corona di Karimun

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, dalam peluncuran booster ini, pihaknya menargetkan 15 ribu masyarakat Kepri disuntik vaksin. Namun berdasarkan laporan dari Badan Intelijen Daerah (Binda) Kepri bahwa 5 ribu masyarakat telah mendaftar secara online.

“Hari ini peluncuran booster ketiga dipusatkan di vihara Maitreya Batam, namun secara serentak dilakukan di 7 kabupaten/kota di Kepri,” ujar Ansar.

Kemudian capaian vaksinasi golongan lanjut usia (lansia) telah mencapai 81,22 persen untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua terlah tercapai 66,07 persen.

Capaian vaksinasi anak usia 12-17 tahun telah mencapai 100 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua tercapai 89 persen. Lalu capaian vaksinasi anak usia 6-11 tanun telah mencapai 68,99 persen.

“Akhir Januari ini, vaksinasi anak kami target bisa 100 persen,” ucapnya.

(ret)