Pelabuhan Internasional Karimun Kini Makin Cantik dan Modern

Pelabuhan Internasional Karimun Kini Makin Cantik dan Modern

Pelabuhan Internasional, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Pelabuhan Internasional Karimun, Kepulauan Riau kini memiliki fasad berbeda. Makin cantik dan terlihat lebih modern.

Perubahan wajah Pelabuhan Internasional Karimun menyusul renovasi yang ditaja PT Pelabuhan Indonesia Persero (Pelindo) Regional I Cabang Tanjungbalai Karimun.

Perbaikan tersebut untuk mempersiapkan pelayanan yang ekstra bagi calon penumpang datang atau berangkat ke luar negeri dari Pelabuhan Karimun jika nanti kembali beroperasi atau dibukanya pintu pelayan Internasional di Pelabuhan Karimun.

Tampak bangunan yang direnovasi itu menjadi megah dan besar. Ruang tunggu dan kedatangan pun terlihat luas.

General Manager PT Pelindo Regional I Cabang Tanjungbalai Karimun, Agus Deritanto mengatakan bahwa, untuk pembangunan gedung telah rampung 100 persen.

Saat ini, Pelindo tengah melengkapi fasilitas pendukung untuk di dalam gedung, seperti tempat duduk ruang tunggu, pendingin udara dan juga lainnya.

"Saat ini, renovasi gedung telah rampung atau selesai 100 persen, dan tinggal melengkapi fasilitas di dalamnya," kata Agus.

Selain itu, untuk lokasi tempat loket penjualan tiket kapal juga dipindahkan yang menyatu dengan bagian gedung sehingga tampak tertata rapi menjadi luas.

Sementara itu, pada bagian luar gedung yang mengarah ke laut, juga tampak telah berubah. Konsep yang terkesan mewah dan indah terpampang nyata dengan adanya tulisan 'Welcome to Port of Tanjungbalai Karimun' yang jika malam hari akan menyala.

"Jika peralatan telah lengkap di akhir Februari ini, bangunan pelanuhan ini telah siap sepenuhnya untuk melayani keberangkatan dan ketangan luar negeri," ucapnya.

Renovasi yang sudah dimulai sejak 2021 itu, menelan anggaran sebesar Rp 10,8 miliar yang bersumber langsung dari PT Pelindo.

"Anggaran Rp 10,8 miliar itu full untuk renovasi bangunan terminal laur negeri. Dan untuk terminal domestik kita lakukan perbaikan-baikan standar operasianl," ujar Agus.

Sehingga, jika sewaktu-waktu pemerintah telah resmi membuka jalur pelayaran internasional secara umum, Pelabuhan Karimun telah siap dengan segala aspek pelayanan.

Pelabuhan internasional Karimun melayani keberangkatan dan kedatangan dari luar negeri yakni Singapura dan Malaysia.

(aha)