Karimun Enggan Pecat Tenaga Honorer Meski Keuangan Babak Belur

Karimun Enggan Pecat Tenaga Honorer Meski Keuangan Babak Belur

Ilustrasi

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), masih mempertahankan pegawai honorer atau kontrak, meskipun kondisi keuangan daerah babak belur.

Tidak ada pengurangan atau pemberhentian pegawai honorer dimasa pandemi Covid-19 yang masih melanda.

"Kita masih pertahankan dan tidak ada kita lakukan pemberhentian atau pemutusan kontrak," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun, Firmansyah kepada Batamnews, Selasa (4/1/2022).

Meskipun begitu, juga ada yang tidak dilakukan perpanjangan kontrak, hal itu dengan alasan tertentu. Baik itu melakukan pelanggaran atau sudah masuknya usia untuk pensiun.

Baca juga: LM2R Tak Setuju Bupati Meranti Rumahkan Ratusan Honorer, Begini Alasannya

Disampaikan juga bahwa, dimasa pandemi Covid-19 melanda, kondisi keuangan daerah juga terdampak, sebab banyak anggaran yang direcofusing untuk penanganan Covid-19.

Sehingga, Pemda juga memangkas anggaran untuk honor para pegawai. Tidak hanya gaji pegawai honor, tunjangan atau tukin bagi ASN juga terdampak.

"Meskipun honor atau gaji ada pemotongan, tapi kita tetap mempertahankan mereka dan tidak merumahkan," ucap Firman.

Dirinya juga berharap, di tahun 2022 ini, kondisi dapat kembali normal dan anggaran yang sebelumnya dialihkan untuk penanganan Covid-19 dapat difungsikan seperti sedia kala dan gaji pegawai honor juga dapat dinaikkan kembali.

(aha)