Awal 2022, Pokdakan di Desa Resang Lingga Panen Udang Vanamei Keempat Kalinya

Awal 2022, Pokdakan di Desa Resang Lingga Panen Udang Vanamei Keempat Kalinya

Bupati Nizar ikut panen udang vanamei di Desa Resang (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Bupati Lingga, Muhammad Nizar terus menggesa para kelompok pembudidayaan udang vanamei dapat terus berkembang dan mandiri. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri panen parsial di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Selasa (4/1/2022).

"Saya berharap dari hasil panen ini, para pembudidaya dapat lebih termotivasi, mengatur dan mengelola keuangan untuk manajemen pengembangannya agar terus berkelanjutan,” kata dia.

Seperti diketahui, hingga awal tahun 2022 ini, Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Meserai Maju, Desa Resang telah berhasil memanen udang Vanamei sebanyak 4 kali.

Baca juga: Lingga Lirik Budidaya Udang, Gamat hingga Rumput Laut

Dengan akumulasi pada panen perdana merupakan bantuan dari pemerintah dan selanjutnya Pokdakan ini berupaya mandiri dan telah berhasil panen mandiri sebanyak 3 kali.

Sementara itu Zulfikar, tenaga pendamping Dinas Perikanan (Diskan) Lingga mengatakan, panen parsial yang dilakukan oleh kelompok budidaya Meserai Maju Desa Resang ini, bertujuan untuk mengurangi kepadatan jumlah udang di dalam tambak. Sebab pada awal dilakukan penebaran bibit lebih kurang 116 ribu ekor.

"Kegiatan di tambak ini sudah siklus ke 4. Yang pertama itu bantuan dari pemerintah, dengan panen total sebanyak 1,2 ton, yang kedua sebanyak 1,5 ton, yang ketiga 1,6 ton dan yang keempat ini ditargetkan 1,8 ton," papar dia.

Pihaknya menargetkan untuk panen total dua Minggu kemudian setelah panen parsial ini dilakukan dengan target 300 kilogram.

(ruz)