Harga Sembako Bikin Emosi, Mentan Ngaku Ada Dinamika

Harga Sembako Bikin Emosi, Mentan Ngaku Ada Dinamika

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Foto: ist)

Jakarta, Batamnews - Harga-harga kebutuhan pokok semakin mahal dalam beberapa waktu terakhir. Mulai dari harga telur, bawang merah, cabai merah, cabai keriting, hingga cabai rawit merah.

Hal tersebut terungkap dalam catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga rata-rata nasional telur pada hari ini adalah Rp 30.100 per kilogram.

Baca juga: Harga Sembako Selangit, Simak Penjelasan Mendag Ini

Sementara itu, harga bawang merah ukuran sedang mencapai Rp 30.100 per kilogram, cabai rawit hijau mencapai Rp 94.500 per kilogram, dan cabai rawit merah mencapai Rp 94.500 per kilogram.

Merespons hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengakui bahwa ada dinamika yang terjadi. Namun, Syahrul menjamin ketersediaan komoditas pangan strategis tetap terjaga.

"Natal dan tahun baru ada dinamika tapi ketersediaan sudah cukup," kata Syahrul saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/12/2021).

Baca juga: Ansar Minta Kepala Daerah se-Kepri Jamin Stok Sembako Aman Akhir Tahun

Syahrul mengakui bahwa memang terjadi kenaikan sejumlah harga pangan. Namun, pemerintah memastikan akan melakukan operasi pasar menjelang akhir tahun untuk menstabilisasi harga.

"Tentu ke depan itu akan dilakukan operasi pasar. Kemendag kami back up. Stok nasional aman," katanya.

"Ada dinamika pada kota tertentu saja. Ini hari ini saya akan coba lakukan intervensi, back up kementerian lain," tegasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews