Jelang Akhir Tahun, Disperindag Kepri Pantau Distributor Nakal

Jelang Akhir Tahun, Disperindag Kepri Pantau Distributor Nakal

Ilustrasi

Tanjungpinang, Batamnews - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepulauan Riau (Kepri), akan menggelar operasi pasar dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kabid Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri di Disperindag Kepri, Rio Desmawati mengatakan, selain operasi pasar, pihaknya juga akan menjual sembako murah.

"Rencananya kita akan gelar operasi pasar guna menstabilkan kenaikan harga jelang Natal dan Tahun Baru," ujar Rio, Selasa (16/11/2021).

Sedangkan untuk lokasi dan waktu kegiatan tersebut belum dapat ditentukan. Pasalnya, rencana ini masih dilakukan pembahasan dan koordinasi lebih lanjut.

Baca juga: Pemko Batam Gelar Pasar Murah, Libatkan 58 Distributor

"Untuk kapan dan dimana masih belum kita pastikan. Namun sama seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan dan program operasi pasar ini pasti kita laksanakan," ujar Rio.

Pihaknya terus berkoordinasi dan meminta kabupaten/kota se-Provinsi Kepri untuk dapat terus memantau dan mengawasi kenaikan dan ketersediaan barang pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2022 ini.

"Jangan sampai naik tak terkendali dan kondisi stok yang menipis dan kosong membuat harga bahan pokok melambung tinggi dan meresahkan masyarakat," jelas Rio.

Kemudian kepada pelaku usaha, ia mengingatkan untuk tidak memanfaatkan kenaikan harga bahan pokok ini. Pihaknya bersama satgas pangan akan terus turun ke lapangan memantau langsung.

"Jika kami temui akan ditindak tegas bahkan sampai pencabutan izin usaha," pungkas Rio.

(ruz)