Indonesia Vs Thailand: Ezra Walian atau Hanis Saghara?

Indonesia Vs Thailand: Ezra Walian atau Hanis Saghara?

Ezra Walian dan Hanis Saghara berpotensi menjadi starter di laga Indonesia vs Thailand. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)

Jakarta, Batamnews - Starter striker tengah Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2020 menjadi teka-teki. Pelatih Shin Tae-yong saat ini tampaknya bakal memilih antara Ezra Walian atau Hanis Saghara Putra.

Indonesia ke final setelah mengalahkan Singapura di semifinal dengan agregat 5-3. Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 di leg pertama dan Indonesia menang 4-2 pada pertemuan kedua.

Baca juga: Mental Jadi Fokus Shin Tae -yong Jelang Lawan Thailand

Thailand menjadi lawan Indonesia pada laga puncak dalam duel dua leg di National Stadium, Singapura. Laga pertama digelar Rabu (29/12/2021) malam WIB dan pertandingan kedua di tanggal 1 Januari 2022.

Striker tengah Indonesia selama di Piala AFF 2020 tidak ada yang subur. Sejauh ini gol-gol skuad Garuda lebih banyak datang dari winger sampai bek.

Ezra adalah satu-satunya striker tengah Indonesia yang menyumbang dua dari 18 gol secara keseluruhan. Di sisi lain, peran Ezra juga kerap tampak angin-anginan.

Dedik Setiawan yang terkadang dipercaya pelatih Shin Tae-yong juga masih belum bisa bicara banyak. Di sisi lain, belakangan ini ada Hanis yang mendapatkan kepercayaan sebagai pengganti dalam dua laga terakhir Indonesia.

Hanis memang belum mencetak gol. Meski baru tampil 78 menit dari total tiga laga, striker milik Tira Persikabo itu selalu bisa memberi warna di lini depan.

Pemain yang pernah menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL) itu punya keunggulan dalam melakukan penetrasi. Pergerakan Hanis di sepertiga akhir pertahanan lawan juga sangat lincah.

Baca juga: Indonesia Harus Habis-habisan Lawan Thailand

Di sisi lain, Ezra selama di Piala AFF 2020 terlihat tampil statis di kotak penalti. Pemain milik Persib Bandung ini tidak memiliki kelincahan, tapi keberadaannya di kotak penalti bisa membuat para winger Indonesia melakukan tusukan.

Keterbatasan stiker tengah Indonesia ini sebetulnya sudah disadari Shin Tae-yong. Dia bisa mengatasi itu secara sip dengan mengandalkan keunggulan seminim mungkin.

"Karena lini depan ada Witan (Sulaeman) dan sering mencetak gol ada pemain-pemain gelandang juga yang bisa mencetak gol. Bukan harus striker saja yang mencetak gol, posisi lain pun harus cetak gol, yang penting menang dari hasilnya, filosofinya seperti itu," kata Shin Tae-yong dalam wawancara di CNN Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews