Mental Jadi Fokus Shin Tae -yong Jelang Lawan Thailand

Mental Jadi Fokus Shin Tae -yong Jelang Lawan Thailand

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Laos saat pertandingan kualifikasi Piala AFF 2020 Grup B. (Foto: Humas PSSI)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia akan melawan Timnas Thailand di final Piala AFF 2020. Shin Tae-yong menyebut mental bertanding skuad Garuda akan menjadi fokusnya dalam persiapan.

Hal itu diungkapkan pelatih Korea Selatan tersebut karena fokus itu pula yang membawa skuad Garuda bisa melangkah sampai puncak saat ini.

Baca juga: 3 Pemain Absen di Leg 1 Final Piala AFF Indonesia vs Thailand

"Sejak pertandingan pertama penyisihan grup sudah menyiapkan dengan baik masalah mental. Sama dengan sebelumnya, di final akan mempersiapkan mental yang kuat dalam suasana yang baik. Itu yang akan dibawa sampai final ini," kata Shin dalam jumpa pers virtualnya, Selasa (28/12/2021).

Indonesia tercatat lima kali berada di final turnamen ini. Dari keseluruhan itu, Garuda tak mampu meraih gelar juara. Salah satunya saat menghadapi Thailand pada Piala AFF 2016 Timnas Indonesia harus gigit jari.

Indonesia menang lebih dulu pada leg I dengan skor 2-1 dalam pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pada 14 Desember 2016.

Keunggulan itu gagal dipertahankan Indonesia saat melawan Thailand di Rajamanggala Stadium tiga hari berselang. Indonesia kalah 0-2 akibat sepasang gol dari Siroch Chatthong.

"Kalau boleh jujur, saya mau Timnas juara kali ini. tetapi membawa pulang trofi tidak terjadi begitu saja, menjadi juara akan terjadi bila dirimu bermain yang tebaik di tiap pertandingan," ujarnya.

Baca juga: Shin Tae-yong Geram, Skuad Garuda Cuma Makan Nasi Kotak di Piala AFF 2020

"Sebagai pemain dan pelatih, saya pernah banyak meraih gelar juara. Dari pengalaman itu, saya menerapkan strategi dan mentalitas yang sama kepada pemain, dan mencoba kembali untuk bisa menerapkan kembali di tim ini," imbuhnya.

Shin Tae-yong juga kali ini tak memfokuskan pada sejumlah pemain yang wajib timnya waspadai Indonesia. Sebab, secara keseluruhan Thailand merupakan tim yang sangat baik.

"Secara keseluruhan tim dan pemain dari Thailand sangat baik. Tidak keliatan di posisi/pemain mana yang tidak baik tetapi bola itu bundar dan kami akan memperlihatkan performa dan penampilan yang terbaik dalam lapangan. Tidak bisa dibilang taktik seperti apa di sini, tetapi Thailand itu pastinya tim baik," kata Shin.

(fox)
Komentar Via Facebook :