Ribuan Peserta Didik Baru SD/SMP se-Bintan Dapat Seragam Gratis

Ribuan Peserta Didik Baru SD/SMP se-Bintan Dapat Seragam Gratis

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah gratis kepada peserta didik baru (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan menyerahkan seragam sekolah untuk 5.855 siswa SD dan SMP secara simbolis di halaman SDN 002 Bintan Timur, Selasa (28/12/2021).

Penyerahan seragam itu dilakukan secara langsung oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. Dihadiri juga Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Disdik Bintan Tamsir, Camat Bintan Timur Muhammad Sofian dan kepala sekolah (kepsek) se-Kabupaten Bintan.

Kadisdik Bintan, Tamsir mengatakan, ada belasan ribu lembar seragam sekolah yang dibagikan ke siswa-siswa yang baru masuk ke SD/MI dan SMP/MTs Tahun Ajaran (TA) 2021. Seragam yang dibagikan terdiri dari 2 jenis yaitu seragam sekolah OSIS dan seragam batik serta ribuan tas dan perlengkapan sekolah.

Baca juga: Wako Pariaman Sumbar Tolak Terapkan SKB 3 Menteri soal Seragam Sekolah

“Untuk siswa yang menerima seragam serta tas sekolah gratis itu sebanyak 5.855 siswa. Terdiri dari 3.160 siswa SD dan SMP sebanyak 2.695 siswa. Masing-masing dari mereka mendapatkan 2 seragam dan tas serta perlengkapan sekolah,” ujar Tamsir.

Program pemberian seragam gratis bagi anak SD dan SMP telah mulai dilakukan sejak 2017 sampai dengan 2021 ini. Namun tahun ini mengalami kendala besar khususnya terjadi refocusing anggaran sehingga alokasi dana untuk menjalankan program tersebut dipangkas.

Tamsir menjelaskan bahwa awalnya alokasi untuk program tersebut dianggarkan sebesar Rp 5,2 miliar. Namun dipangkas akibat recofusing sebesar Rp 2,9 miliar. Sehingga tersisa anggaran Rp 2,3 miliar untuk melaksanakan penyerahan seragam serta tas dan perlengkapan sekolah gratis untuk siswa baru tersebut.

“Pada tahun ini pembagiannya agak terlambat dan jumlahnya dari biasa 5 jenis menjadi 2 jenis. Itu semua karena recofusing anggaran akibat Covid-19 yang masih melanda daerah kita,” jelasnya.

Baca juga: Seragam dan Perlengkapan Sekolah Gratis di Bintan Disyukuri Ortu Murid

Sementara itu, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, program seragam gratis bagi siswa SD dan SMP di Kabupaten Bintan memang menjadi program andalan. Bahkan sempat menghantarkan Bintan meraih Ki Hajar Award dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa penghargaan nasional lainnya.

"Walaupun sekolah sempat terhenti akibat pandemi, namun tahun ini seragam gratis kembali diluncurkan bagi anak-anak yang mulai bersekolah," sebutnya.

Roby mengakui jika penyerahan seragam sekolah untuk tahun ini mengalami keterlambatan. Biasanya jadwal pembagian pada bulan 10 namun kini dilakukan akhir tahun kemudian juga jumlah seragam yang dibagikam mengalami pengurangan.

“Alhamdulillah, meskipun defisit anggaran tapi kami tetap komitmen bagikan seragam gratis kepada ribuan anak-anak Bintan. Namun jumlahnya berkurang dan pembagiannya terlambat, kami mohon maaf pada masyarakat Bintan,” ucapnya.

Kedepannya akan dievaluasi kembali program seragam gratis ini. Bahkan dia akan mengupayakan seragam yang dibagikan tetap 5 jenis seperti biasanya. Yaitu seragam osis, seragam batik, seragam olahraga, seragam kurung, dan seragam pramuka.

“Insyaallah jumlah seragam yang dibagikan akan kembali semula di tahun depan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews