Lawan Omicron, Pemerintah Bakal Terapkan Mikro Lockdown

Lawan Omicron, Pemerintah Bakal Terapkan Mikro Lockdown

ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Pemerintah disebut bakal menerapkan mikro lockdown jika ditemukan transmisi penularan kasus varian Omicron. Hal ini diutarakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengacu pada strategi yang diterapkan di Wisma Atlet, karena dinilai cukup efektif.

Baca juga: Kota di China Langsung Di-lockdown Gegara 1 Kasus Corona

"Melalui testing dan tracing yang kuat, langkah lockdown di level mikro, seperti yang dilakukan di Wisma Atlet, dapat kita implementasikan seandainya transmisi lokal varian Omicron sudah terdeteksi," beber dia dalam konferensi pers Senin (27/12/2021).

Kabar baiknya, Luhut mengungkap antibodi warga Indonesia menurut hasil analisis serosurvey sebenarnya cukup tinggi. Terlebih cakupan vaksinasi COVID-19 dosis kedua sudah melampaui target WHO, di atas 40 persen.

Namun, ia masih memberi catatan kepada sejumlah daerah yang belum mencapai target dari pemerintah.

Baca juga: Siap-siap Didenda Rp 53 Juta Jika Nekat Langgar Lockdown di Australia

"Sementara hasil serosurvey nasional menunjukkan tingkat kekebalan masyarakat cukup tinggi, namun masih terdapat beberapa kabupaten/kota dengan vaksinasi dosis 1 di bawah 50 persen," lanjut dia.

"Pemerintah mendorong seluruh daerah mempersiapkan isolasi terpusat untuk memitigasi hal yang tidak diinginkan," sambungnya sembari menekankan setiap daerah harus selalu waspada dengan risiko peningkatan kasus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews