Terungkap! Ini yang Bikin Omicron Tak Lebih Ganas dari Delta

Terungkap! Ini yang Bikin Omicron Tak Lebih Ganas dari Delta

ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Meski teramati lebih menular dibanding varian COVID-19 lain sebelumnya, Omicron diyakini tidak lebih ganas, gejala yang ditimbulkannya relatif lebih ringan. Para ilmuwan berusaha mengungkap penyebabnya.

Sebuah riset di Cambridge Institute for Therapeutic Immunology and Infectious Diseases menyimpulkan, mutasi yang dialami varian Omicron membuat virus SARS-CoV-2 kurang efisien mengilfitrasi sel paru-paru. Meski demikian, penelitian ini mengkonfirmasi bahwa Omicron lebih bisa lolos dari antibodi pada seseorang yang sudah vaksinasi penuh.

"Mutasi Omicron menghadirkan virus dengan pedang bermata dua. Makin bagus dalam menghindari sistem imun, tetapi mungkin kehilangan beberapa kemampuan untuk menyebabkan sakit parah," tulis Prof Ravindra Gupta dalam penelitian tersebut, dikutip dari Livescience.

Temuan yang didapat dari eksperimen di laboratorium ini masih harus dikonfirmasi. Masih perlu diamati langsung pada manusia, apakah benar mutasi pada varian Omicron benar-benar mengurangi keparahan penyakit.

Data dari Afrika Selatan dan Inggris menunjukkan bahwa infeksi varian omicron mungkin tidak lebih parah, tetapi tingkat imunitas dari infeksi alami dan vaksinasi membuat hasil tersebut tidak mudah diinterpretasikan.

Yang pasti, varian Omicron punya sekitar 50 mutasi dengan 30 di antaranya terdapat pada protein spike. Penelitian ini mengamati apakah 3 mutasi spesifik pada polybasic cleavage site (PBCS) berdampak pada kemampuan virus memasuki sel.

 

(fox)