Kota di China Langsung Di-lockdown Gegara 1 Kasus Corona

Kota di China Langsung Di-lockdown Gegara 1 Kasus Corona

Ilustrasi (dok. Chinatopix Via AP)

Beijing, Batamnews - Otoritas China menerapkan lockdown terhadap kota Heihe yang berpenduduk 6 juta orang setelah mendeteksi satu kasus baru virus Corona (COVID-19) di kota tersebut. Total sudah tiga kota yang ditempatkan di bawah lockdown oleh otoritas China terkait kemunculan wabah baru Corona.

Seperti dilansir AFP, Jumat (29/10/2021), wabah-wabah kecil Corona tercatat muncul di sedikitnya 11 provinsi setelah sebelumnya otoritas China berhasil menjaga angka penularan tetap rendah di wilayahnya jika dibandingkan kebanyakan negara lainnya.

Pekan ini, kemunculan wabah baru Corona memicu lockdown di kota Lanzhou, yang berpenduduk lebih dari 4 juta orang, dan di kota Eljin di Inner Mongolia.

Kota Heihe di Provinsi Heilongjiang menjadi kota ketiga yang di-lockdown dalam sepekan terakhir di China. Lockdown diterapkan mulai Kamis (28/10/2021) waktu setempat, setelah otoritas setempat mendeteksi satu kasus baru Corona di wilayahnya.

Selama lockdown diterapkan, sekitar 6 juta warga kota Heihe diperintahkan untuk tetap berada di rumah. Warga setempat juga dilarang meninggalkan kota itu kecuali untuk urusan darurat.

Otoritas di kota yang berbatasan dengan Rusia itu juga mulai melakukan tes Corona massal terhadap sekitar 1,6 juta warganya dan melakukan pelacakan kontak terhadap orang-orang yang terinfeksi.

Laporan media setempat menyebut layanan bus dan taksi dihentikan sementara, dan kendaraan tidak boleh meninggalkan kota Heihe.

 

Otoritas China melaporkan 23 kasus Corona lokal pada Kamis (28/10) waktu setempat. Angka itu mencapai kurang dari setengah dari tambahan kasus sehari sebelumnya, yang dinilai menjadi pertanda bahwa langkah pengendalian Corona yang ketat mungkin berhasil.

Lanzhou yang di-lockdown sejak Selasa (26/10/2021) waktu setempat, juga mencatat satu kasus baru Corona. Sedangkan Ejin yang dihuni 35 ribu penduduk, melaporkan tujuh kasus baru Corona.

Puluhan ribu orang lainnya juga berada di bawah lockdown terarah terhadap sejumlah kompleks perumahan di beberapa kota, termasuk Beijing.

Ibu kota Beijing, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada Februari tahun depan, juga membatasi akses ke lokasi-lokasi wisata dan mengimbau warganya tidak pergi ke luar rumah kecuali mendesak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews