Singapura Samakan Timnas Indonesia dengan Liverpool

Singapura Samakan Timnas Indonesia dengan Liverpool

Timnas Indonesia disamakan dengan Liverpool jelang lawan Singapura. (dok. PSSI)

Batam, Batamnews - Singapura menyamakan Timnas Indonesia dengan Liverpool jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (2021), Rabu (22/12/2021) malam WIB.

Persamaan itu mengacu pada gaya bermain Timnas Indonesia bersama Shin Tae Yong. The Lions menilai gaya bermain Timnas Indonesia serupa dengan Liverpool racikan Jurgen Klopp yang mengusung 'Heavy Metal Football'.

Baca juga: Pengamat Bola Batam Prediksi Duel Sengit Singapura Vs Indonesia Malam Ini

Heavy Metal Fotball ala Klopp ini merujuk pada permainan sepak bola yang terus menekan lawan sepanjang permainan. Gaya bermain itu terbukti mampu membawa Liverpool bangkit dan meraih beberapa gelar terutama Liga Inggris dan Liga Champions.

Ciri permainan Liverpool bersama Klopp itu yang dianggap sama dengan Timnas Indonesia. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tidak berhenti berlari dan bermain dengan intensitas tinggi untuk mengganggu lawan.

"Di bawah Shin, mereka menekan sejak di area lawan dan cepat begitu tim lawan menguasai bola dan seringkali memaksa lawan membuat kesalahan [yang dilakukan tim lawan]," tulis pihak Singapura dalam ulasan mereka jelang laga semifinal.

Baca juga: 4 Pemain Singapura yang Wajib Diwaspadai Ekstra oleh Timnas

"Terkadang Indonesia bisa terlihat serampangan tetapi kekacauan yang mereka ciptakan mungkin akan menjadi perhatian besar untuk Singapura, tim yang lebih suka mengontrol pertandingan."

Timnas Indonesia memang berhasil membuat kejutan dengan permainan agresif di babak penyisihan grup. Tim Garuda justru bisa keluar sebagai juara grup meski ada Vietnam yang lebih difavoritkan keluar sebagai juara Grup yang juga berisikan Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos, Kamboja, dan Malaysia. Sementara saat melawan Vietnam, Timnas Indonesia yang tampil defensif mampu membuat The Golden Star frustrasi dan memaksa skor imbang tanpa gol.

(fox)